Kebersamaan Raphael Maitimo dan Persebaya Hanya 99 Hari

Raphael Maitimo harus mengakhiri karir serta musimnya bersama Persebaya Surabaya lebih cepat. Maitimo memutuskan meninggalkan Persebaya setelah memperkuat tim berjuluk Green Force itu selama 99 hari. Menariknya, 99 adalah nomor punggung yang dipilih Maitimo di Persebaya.

Bersama OK John, Maitimo didatangkan Persebaya dari Madura United pada 14 Juli 2018 lalu. Persebaya menaruh ekspektasi tinggi kepada eks pemain Arema FC itu. Maitimo diharapkan menjadi alternatif di lini depan ketika Persebaya tak bisa memainkan David da Silva.

Debut Maitimo dilakukan saat Persebaya menjamu PSMS Medan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), 18 Juli 2018. Maitimo masuk pada menit ke-59. Gelandang naturalisasi ini turun sebagai pengganti Ferinando Pahabol.

Debut Maitimo sebagai pemain Persebaya berjalan ciamik serta panen pujian. Maitimo ikut andil pada proses terjadinya gol kedua Persebaya ke gawang PSMS yang dicetak David da Silva. Maitimo memberi assist kepada David.

Setelah itu Maitimo dimainkan sebagai starter saat Persebaya menantang PSIS Semarang di Magelang, 22 Juli 2018. Dia diplot sebagai penyerang kedua di belakang Rizhadi Fauzi. Sayang, Persebaya harus menyerah dengan skor tipis 0-1.

Partai melawan Mahesa Jenar – julukan PSIS, rupanya menjadi laga terakhir Maitimo bersama Persebaya. Cedera yang berkepanjangan memaksa eks gelandang Persib Bandung itu lebih banyak menghabiskan waktu bersama fisioterapis Persebaya.

“Kondisi saya masih kurang bagus. Sebab ini adalah cedera serius dan ototnya sedikit rusak. Jadi butuh waktu untuk sembuh. Saya butuh banyak terapi dan latihan agar kuat lagi,” ucap Maitimo dalam sebuah wawancara dengan awak media 8 Agustus 2018 lalu.

Ketika kompetisi Liga 1 2018 libur karena Asian Games 2018, Persebaya mengirim Maitimo ke Jakarta. Maitimo menjalani penguatan pada betis kiri di Indonesia Sports Medicine Centre (ISMC).

Setelah melalui serangkaian perawatan selama kurang lebih tiga bulan, Maitimo mengambil keputusan besar untuk meninggalkan Persebaya. Dia pamit pulang ke Belanda untuk menyembuhkan cederanya.

“Dengan ini sekali lagi saya memohon maaf karena musim ini saya belum bisa membantu tim secara maksimal,” tulis Maitimo dalam akun Instagram miliknya, Minggu (21/10) sore.

Jika dikalkulasi, Maitimo menjadi bagian dari tim Persebaya selama 99 hari. Dia bermain selama 121 menit dalam dua pertandingan bersama Green Force. Maitimo memang belum mencetak gol. Namun Dia baru mencatat satu assist bersama Persebaya.