Bima Sakti, Orang Indonesia Pertama Cicipi Piala AFF sebagai Pelatih dan Pemain

PSSI resmi menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. Bima menggantikan posisi Luis Milla yang tak kunjung memberi kepastian.

Seperti diketahui, PSSI memutuskan untuk memperpanjang kontrak Luis Milla setelah Asian Games 2018. Namun, Milla tak kunjung memberi persetujuan dan masih menetap di Spanyol. PSSI pun kemudian memutuskan untuk menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Indonesia di Piala AFF 2018 mendatang.

Dikutip dari akun Twitter resmi PSSI, Bima pun menjadi orang Indonesia pertama yang mencicipi Piala AFF sebagai pelatih dan pemain. Bima memang pernah membela Tim Garuda di Piala AFF pada edisi 1996, 1998, dan 200.

“Selamat bertugas untuk Pelatih Bima Sakti dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih Luis Milla atas dedikasi dan kerja samanya selama satu setengah tahun,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Jakarta seperti dikutip dari Pssi.org, Minggu (21/10/2018).

Sementara itu, Bima Sakti mengaku siap dan bangga dirinya ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Ia mengaku tugas ini tidaklah mudah, namun ia optimis karena dirinya sebelumnya dirinya sebagai asisten pelatih Luis Milla dan sudah berada di Timnas sejak 2017.

“Terima kasih kepada PSSI yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Awal November mendatang kami akan kembali melakukan pemusatan latihan jelang berlaga di Piala AFF 2018. Kami tim pelatih dengan pemain sudah melakoni latihan sejak lama dan saling mengenal baik. Jadi kami optimis meraih prestasi di ajang tersebut,” kata Bima.

Piala AFF sendiri akan dilangsungkan pada 8 November hingga 19 Desember 2018 mendatang.