Lisensi Klub AFC Persija Jakarta dan Arema FC Sempurna

Ketua Departemen Lisensi PSSI, Tigorshalom Boboy, mengatakan bahwa ada dua tim Liga 1 2018 yang memiliki lisensi klub AFC secara sempurna yakni Persija Jakarta dan Arema FC.

Persija Jakarta dan Arema FC dikatakan Tigor sudah memberikan persyaratan yang sesuai dengan regulasi AFC mulai dari kriteria A, B, dan C.

Selain Persija dan Arema FC, ada beberapa klub yang sudah memiliki lisensi AFC.

Mereka adalah Persib Bandung, Borneo FC, Bali United, Madura United, Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, PSM Makassar, dan Barito Putera.

Sayangnya, klub-klub itu masih belum sempurna untuk memenuhi persyaratan A, B, dan C dari lisensi klub AFC.

Proses lisensi klub AFC itu juga sudah mulai dilakukan sejak April sampai 31 Agustus 2018.

“Tanggal 15 Oktober sudah ada keputusan untuk klub lisensi AFC yang lolos, yakni ada tiga tim sudah sempurna, yaitu Arema FC, Persija Jakarta, dan Persib Bandung,” kata Tigor saat sesi jumpa pers di Kantor PT LIB, Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (23/10/2018).

“Akan tetapi Persib melakukan banding untuk memenuhi kriteria C yang belum dipenuhi. Sebenarnya, Persib tidak usah melakukan itu juga tidak bakal berpengaruh karena mereka juga sudah lolos klub lisensi AFC,” ucap Tigor menambahkan.

Setelah tiga tim tersebut, langsung menyusul empat klub yang mendapatkan lisensi klub AFC dengan syarat.

Mereka adalah Persipura Jayapura, Borneo FC, Bali United, dan Bhayangkara FC.

Ada empat klub yang melakukan banding agar bisa mendapatkan lisensi klub AFC tersebut, yakni Persib, PSM Makassar, Barito Putera, dan Madura United.

Akan tetapi banding yang dilakukan Persib berbeda dengan PSM Makassar, Barito Putera, dan Madura United.

“Sekali lagi, Persib tidak melakukan banding juga tidak masalah. Saya di sini juga tegaskan bahwa kami tidak menahan lisensi klub AFC milik Persib,” kata Tigor.

“Kalau untuk PSM, Barito Putera, dan Madura United, ada kriteria yang belum dipenuhi. Jadi perhari ini ada 10 klub Liga 1 yang sudah memiliki lisensi profesional AFC,” kata Tigor menambahkan.

Lebih lanjut Tigor mengatakan bahwa untuk mendapatkan lisensi klub AFC itu setiap tim Liga 1 2018 langsung menyerahkan dokumen ke konfederasi sepak bola Asia tersebut.

Kata Tigor, semua dokumen dimasukan ke dalam sistem, bukan manual.

Banyaknya tim Liga 1 yang memiliki lisensi klub AFC membuat Tigor senang.

Sebab, pada musim lalu hanya Arema FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Bali United, dan Madura United, yang mendapatkan lisensi tersebut.

“Kami mengucapkan rasa terima kasih kepada klub yang sudah melakukan ini. Menurut saya ini luar biasa karena musim lalu hanya lima klub dan sekarang sudah 10 klub,” kata Tigor.

“Tujuh klub yang memiliki lisensi dengan persyaratan bisa saja kami cabut kalau tidak melengkapi dokumen sampai 31 Januari 2019,” tutup Tigor.