Todd Rivaldo Ferre Cetak Hattrick Berkat Manfaatkan Kelemahan Qatar

Timnas Indonesia U-19 kalah 5-6 dari Qatar secara dramatis pada Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion Utama Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/10/2018) malam. Todd Rivaldo Ferre, yang mencetak hattrick dalam laga tersebut, mengaku memanfaatkan kelemahan para pemain Qatar yang sudah kelelahan di babak kedua.

Timnas Indonesia U-19 mengawali pertandingan kontra Qatar dengan sangat baik dalam lima menit pertama. Namun, pada Qatar unggul 4-1 dalam 45 menit pertama.

Sempat tertinggal 1-6 di awal babak kedua, Timnas Indonesia U-19 perlahan mengejar hingga kalah tipis 5-6 dalam pertandingan tersebut. Todd Rivaldo Ferre tampil luar biasa dengan mencetak hattrick setelah masuk pada menit ke-55.

Pemain asal Papua itu mengungkapkan keberhasilan mencetak hattrick pertama bersama Timnas Indonesia U-19 itu juga disebabkan kelelahan yang sudah dialami para pemain Qatar di babak kedua.

“Mereka sudah kelelahan. Hal itu yang membuat saya berani masuk ke dalam area pertahanan mereka dengan dribel dan akhirnya bisa mencetak gol,” ujar Todd Rivaldo Ferre.

Keberhasilan mencetak gol pertama lewat tendangan bebas jarak jauh ke gawang Qatar juga tak datang dengan kebetulan. Rivaldo mengaku mempelajari kelemahan Qatar saat kebobolan gol pertama Timnas Indonesia U-19 yang dicetak oleh Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah dengan situasi yang sama.

“Gol pertama kami terjadi karena bola ditempatkan ke tiang jauh. Saya kemudian mencoba untuk melakukan tendangan placing ke tiang jauh dan berhasil masuk,” ujar pemain berusia 19 tahun itu.

Timnas Indonesia U-19 masih memiliki peluang lolos ke perempat final Piala AFC U-19 2018. Todd Rivaldo Ferre dkk. wajib meraih kemenangan saat menjalani laga pamungkas Grup A menghadapi Uni Emirat Arab pada Rabu (24/10/2018).