Prediksi Arema FC Vs Bali United: Tanpa Suporter, Singo Edan Bisa Apa?

Arema FC akan menjalani laga perdananya di kandang sendiri tanpa penonton saat meladeni Bali United nanti (20/10/2018). Itu merupakan hukuman atas sanksi Komdis PSSI karena aksi masuk lapangan yang dilakukan Aremania ketika menjamu Persebaya Surabaya beberapa pekan lalu (6/10/2018).

Meski bermain tanpa dukungan suporter, Arema tetap memanfaatkan keuntungan lebih mengenal kondisi lapangan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Selain itu, ada spirit khusus yang juga diusung oleh Hamka Hamzah dkk. Mereka ingin cari aman. Artinya tim berjuluk Singo Edan ini akan mengamankan tiga poin untuk membuat posisi mereka sementara menjauh dari zona rawan. Meski ada di urutan 12 klasemen sementara Liga 1 bersama Bukalapak, mereka hanya terpaut empat poin saja dari tim juru kunci Perseru Serui.

“Lawan Bali United kesempatan bagi Arema untuk sementara mengamankan posisi. Jika menang, kami bisa masuk ke papan tengah atau 10 besar,” kata asisten pelatih Arema, Kuncoro yang sementara waktu menggantikan Milan Petrovic lantaran pulang kampung ke Slovenia.

Arema mengakui jika bermain tanpa penonton memang ada pengaruhnya. Tapi semangat untuk mengamankan posisi bisa membuat skuat Singo Edan bermain sekuat tenaga demi kemenangan.

“Aremania juga tetap datang ke Stadion untuk memberikan dukungan dari luar. Semoga saja nyanyian mereka juga bisa terdengar dari dalam dan membuat pemain merasa tidak berjuang sendirian,” tegasnya.

Dalam laga ini, Arema FC punya tambahan energi dengan kembalinya Dedik Setiawan dan Alfin Tuasalamony setelah memperkuat Timnas Indonesia yang baru saja beruji coba melawan Hong Kong.

Khusus untuk Dedik, dia bisa membuat lini depan lebih tajam dan Arema punya beberapa opsi. Karena ada nama lain, Ahmad Nur Hardianto yang kini sedang on fire setelah mencetak gol dalam dua laga beruntun. Yakni ke gawang Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

“Tentu kami akan bermain menekan dan ingin membuat lini depan lebih tajam. Tapi juga tidak lupa untuk melakukan pressing ketat kepada pemain Bali United agar mereka tidak leluasa memainkan bola,” jelas Kuncoro.

Sementara itu Bali United datang tidak dengan gelandang andalannya, Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi tersebut tidak dibawa ke Malang karena harus mendampingi istrinya yang menanti proses kelahiran.

Akan tetapi pelatih Widodo Cahyono Putro sudah mempersiapkan antisipasinya. “Kami sudah beberapa kali bermain tanpa Lilipaly. Tepatnya waktu dia dipanggil memperkuat timnas. Jadi kami sudah mempersiapkan skema bermain tanpa dia,” kata mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut.

Tanpa Lilipaly, Bali United masih punya sederet pemain berkualitas. Sebut saa Irfan Bachdim, Melvin Platje, Ilija Spasojevic dan beberapa bintang lainnya. Tapi untuk urusan pertahanan, mereka memang kehilangan satu pemain asing sejak beberapa pertandingan, yakni Mahamadou Ndiaye. Sehingga lini belakang mereka masih rawan kebobolan.

Tapi kali ini Widodo yakin anak buahnya bisa meredam Singo Edan. Karena dia datang juga ingin mendapatkan kemenangan demi menjaga posisi timnya tetap bersaing di papan atas. Mengingat saat ini Serdadi Tridatu ada di urutan ke empat dengan nilai 40.

“Kami fokus untuk menang dalam setiap pertandingan. Khusus lawan Arema, kami rasa tidak ada pengaruhnya meskipun tuan rumah bermain tanpa penonton. Kami tetap menganggapnya bukan lawan yang ringan,” jelas Widodo.

Prakiraan Susunan Pemain

Arema FC (4-2-1-3): Utam Rusdiana (Kiper); Alfin Tuasalamony, Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Ahmad Alfarizi (Belakang); Hanif Sjahbandi, Jayus Hariono; Makan Konate (Tengah); Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Rivaldi Bawuo (Depan).

Pelatih: Milan Petrovic.

Bali United (4-2-3-1): Wawan Hendrawan (Kiper); Andhika Wijaya, Agus Nova, Taifuk Hidayat, Ricky Fajrin (Belakang); Taufiq, Hekmat Nouri; Van der Velden, Melvin Platje, Irfan Bachdim (Tengah); Ilija Spasojevic (Depan)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro.