Kembali Sumbang Pemain ke Timnas, Barito Putera Lanjutkan Tradisi Ini

Tim Barito Putera kembali melanjutkan tradisinya mencetak sekaligus nyumbangkan pemain untuk memperkuat Timnas.

Pasalnya sama seperti beberapa tahun sebelumnya, Barito kembali berkontribusi menyumbang pemain ke Timnas.

Malah Barito kembali menyumbangkan pemain ke Timnas di berbagai jenjang, mulai dari Timnas Senior, Timnas U-23 saja, tapi juga untuk Timnas U-19.

Pasalnya seperti diketahui belum lama tadi pelatih Timnas U-19 yakni Indra Sjafri telah menetapkan 23 nama pemain untuk tampil di Piala AFC U-19 2018.

Dan dari 23 nama yang dirilis tersebut, dua di antaranya adalah pemain muda milik Barito yakni kiper M Riyandi dan juga M Rafi Syarahil.

Menariknya untuk nama Rafi boleh dibilang baru musim ini dikenal oleh sepakbola nasional, khususnya ketika menjadi bagian dari tim Barito.

Rafi kerap menjadi pemain inti di Barito untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2018 dan performanya pun terbilang apik.

Sampai akhirnya Rafi pun dilirik oleh pelatih Timnas U-19 dan mendapatkan panggilan untuk mengikuti seleksi hingga akhirnya benar-benar masuk dalam skuat Timnas U-19.

Manajer Barito, Hasnuriyadi Sulaiman pun mengaku turut berbangga dua pemain mudanya bisa menembus skuat Timnas U-19.

“Pastinya kami sangat bersyukur. Kami ucapkan selamat, dan kami doakan bisa memberikan yang terbaik untuk Timnas U-19 dan memberikan kontribusi maksimal. Dan ini juga tentunya menjadi sebuah kebanggaan untuk Barito Putera dan juga masyarakat Banua,” ujar pria yang akrab disapa Hasnur ini.

Ditambahkan oleh Hasnur, dengan kembali menyumbangkan pemain ke Timnas tentunya menjadi bukti bahwa Barito terus menjalankan amanah dari sang pendiri yakni almarhum HA Sulaiman HB (Haji Leman, red).

“Sesuai amanah abah, Barito ingin sebanyak-banyaknya mencetak pemain untuk ke Timnas. Dan ini juga menunjukkan bahwa pembinaan tim secara berjenjang. Semoga semakin banyak yang bisa menyusul,” jelasnya.

Disinggung mengenai nama Rafi yang mulai muncul setelah dipoles oleh Barito hingga kemudian dilirik oleh Timnas U-19, Hasnur menerangkan tak terlepas dari kejelian sang arsitek yakni Jacksen F Tiago.

“Ini karena kejelian coach Jacksen melihat pemain muda berpotensi. Dan ini juga membuktikan apabila pemain muda banyak diberi kesempatan bermain, bisa menunjukkan kemampuannya dan bisa bersaing,” jelas pria yang juga merupakan anggota Komisi X DPR RI ini.

Piala AFC U-19 2018 sendiri mulai bergulir pada 18 Oktober hingga 4 November 2018. Indonesia tergabung di Grup A bersama Cina Taipei, Qatar dan Uni Emirat Arab. Semua laga rencananya akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Untuk Timnas U-23 saat perhelatan Asian Games 2018, Barito tercatat menyumbangkan dua pemainnya yakni Hansamu Yama dan juga Gavin Kwan Adsit.

Dan saat ini dua pemain Barito yakni Hansamu bersama Rizky Pora sedang menjalani pemusatan latihan dengan Timnas Senior.(Frans Rumbon)