Beto Goncalves, Penerus Jejak Cristian Gonzales di Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 melawan Hong Kong pada laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (16/10/2018) malam WIB. Alberto Goncalves menjadi bintang dalam laga tersebut dengan sumbangan satu gol.

Beto mencetak gol setelah memanfaatkan umpan I Putu Gede pada menit ke-39. Penyerang Sriwijaya FC itu melepaskan sundulan ke pojok kiri gawang yang gagal diantisipasi kiper Hong Kong.

Namun, keunggulan Indonesia hanya bertahan sampai menit ke-69. Hong Kong mencetak gol penyeimbang melalui Festus Baise setelah memaksimalkan umpan Leonardo dengan sundulan.

Gol ini menjadi yang kedua buat Beto bersama Timnas Indonesia di level senior. Sebelumnya, pemain berusia 37 tahun itu mencetak satu gol dalam kemenangan 3-0 atas Myanmar.

Namun, secara keseluruhan ini menjadi gol keenam yang dicetak Beto selama berkostum Timnas Indonesia. Beto sukses mencetak empat gol ketika membela Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018.

Catatan apik pemain berdarah Brasil menjadi kabar bahagia buat pelatih interim Timnas Indonesia, Bima Sakti. Beto bisa menjadi andalan di lini depan Indonesia ketika tampil di Piala AFF yang akan dimulai pada 8 November mendatang.

Performa impresif yang ditunjukkan Beto mengingatkan publik kepada Cristian Gonzales. Striker yang saat ini berseragam PSS Sleman itu masuk dalam deretan pemain naturalisasi yang sukses bersama Timnas Indonesia.

Nama El Loco menjadi buah bibir berkat performa gemilang di Piala AFF 2010. Saat itu, ia berhasil mencetak tiga gol dan mengantarkan Timnas Indonesia finis sebagai runner-up. Selama berseragam Timnas Indonesia, Gonzales mencetak 12 gol dari 28 pertandingan.