Tekuk Mitra Kukar, Bhayangkara FC Tembus 4 Besar Liga 1 2018

Bhayangkara FC menang tipis 1-0 atas Mitra Kukar pada pekan ke-26 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Jumat (19/10/2018). Hasil ini mengantarkan The Guardian ke posisi empat besar klasemen sementara.

Keberhasilan meraih tiga poin menempatkan Bhayangkara FC di peringkat keempat dengan 42 poin. Jumlah poin yang diraih tim asuhan Simon McMenemy sama dengan Persija, namun The Guardian kalah head to head.

Di laga ini, Mitra Kukar bermain agresif sejak menit awal. Bahkan, tuan rumah hampir saja unggul andai Fernando Rodriguez tidak melewatkan peluang emas di depan gawang Bhayangkara FC saat laga baru berjalan enam menit.

Rodriguez dalam posisi tidak terkawal di kotak penalti Bhayangkara FC. Namun, sontekannya dari jarak dekat di luar dugaan justru melambung di atas mistar.

Pada menit ke-17, Bhayangkara FC malah unggul lebih dulu melalui gol Paulo Sergio. Lolos dari jebakan off-side, ia tidak menyia-yiakan umpan terukur dari Alsan Sanda untuk membobol gawang Yoo Jae-hoon.

Dua menit pascagol tersebut, Mitra Kukar hampir saja menyamakan kedudukan andai tandukkan Mauricio Leal tidak menerpa mistar gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan Bhayangkara FC bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Mitra Kukar mendapatkan peluang terbaik untuk menyamakan kedudukan melalui titik penalti. Namun, tendangan 12 pas dari Bayu Pradana masih bisa digagalkan Awan Setho Rahardjo.

Empat menit jelang bubaran, Awan Setho kembali memperlihatkan performa gemilang. Ia berhasil menggagalkan tembakan jarak dekat yang dilakukan Arif Suyono. Bhayangkara FC pun mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0.

Susunan pemain

Mitra Kukar (3-3-3-1): 1-Yoo Jae-hoon; 44-Mauricio Leal; 27-Dedy Gusmawan, 16-Saepuloh Maulana; 8-Danny Guthrie, 13-Bayu Pradana, 21-Anindito Wahyu; 15-Hendra Bayauw, 29-Septian David, 22-Dedi Hartono; 9-Fernando Rodríguez

Pelatih: Rahmad Darmawan

Bhayangkara FC (4-4-2): 12-Awan Setho; 17-Alsan Sanda, 27-Indra Kahfi, 10-Jajang Mulyana, 5-Fatchu Rochman; 18-Adam Alis, 89-Lee Yu-jun, 8-Muhammad Hargianto, 80-Paulo Sergio; 29-Elio Martins, 99-Herman Dzumafo

Pelatih: Simon McMenemy