Persebaya Krisis Gelandang Serang Jelang Menghadapi Persib

Persebaya Surabaya masih diterpa badai cedera pemain. Jelang pertandingan kontra Persib Bandung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, pada pekan ke-26 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Sabtu (20/10/2018), mereka akan tampil tanpa Robertino Pugliara, David da Silva, Raphael Maitimo, dan Nelson Alom.

Posisi yang paling krisis pemain adalah gelandang serang. Sebelumnya, posisi itu kerap diisi Robertino atau Maitimo yang dikenal sebagai playmaker andal mengatur serangan tim.

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, kini berusaha mencari pemain yang pas sebagai pengganti. Bajul Ijo memiliki Fandi Eko Utomo dan Rendi Irwan yang bisa menjadi pengganti, meski kualitasnya dinilai berbeda.

“Saya masih membuka opsi untuk menggeser pemain dari posisi lain. Contohnya Osvaldo Haay (pemain sayap) juga saya coba main gelandang. Rendi dan Fandi juga sangat mungkin saya coba,” ujar pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Djanur juga mulai melakukan eksperimen dalam latihan tim di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Selasa sore (16/10/2018). Sempat terlihat, Osvaldo bahkan didapuk sebagai striker tunggal untuk persiapan.

Problem gelandang serang andal yang mengalami cedera harus segera diselesaikan Djanur. Pasalnya, permainan timnya kerap kurang ofensif tanpa kehadiran Robertino dan Maitimo.

“Saya memang mencoba melakukan eksperimen komposisi tim ini tidak seperti biasanya. Saya mencoba menggeser beberapa pemain. Riky Kayame (striker) sempat dicoba jadi gelandang dengan pemain sayap Fandi dan Rendi secara bersamaan,” kata Djanur.

Laga melawan Persib bakal menjadi batu sandungan bagi Persebaya untuk memperbaiki posisi di klasemen. Sebab, calon lawannya itu merupakan tim pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018.