Menang atas Borneo di Samarinda, Pelatih PSM Merasa Dirugikan

PSM Makassar, sukses meraih ambisi untuk membawa pulang tiga poin dari kandang Borneo FC. Gol tuan rumah tercipta terlebih dulu di menit ke-12 melalui Matias Conti. Tim tamu menyamakan kedudukan dimenit ke-39 melalui M Rahmat. Disusul Alessandro Ferreira di menit ke-68.

Skor 2-1 menjadi penutup kemenangan Juku Eja di Stadion Segiri, Samarinda, Jumat (19/10). Pelatih kepala PSM, Robert Rene Alberts menganggap kemenangan ini merupakan buah kerja keras dan tekad awal anak asuhnya untuk mematahkan anggapan sulit meraih poin penuh di markas Pesut Etam.

“Seperti yang saya bilang kemarin, ini dua tim yang memang mau mempertahankan record. Dan kami berhasil memecahkan record mereka, sesuai dengan ekspektasi. Kami bisa melakukan itu,” kata Robert dalam jumpa pers usai pertandingan di Segiri, Jumat (19/10).

Robert mengaku telah mewanti-wanti seluruh anak asuhnya untuk bermain tenang dan disiplin. Menurutnya, itu merupakan salah satu kunci untuk meredam permainan keras dan agresif tuan rumah.

“Dan ini seperti yang kami pikirkan. Namun itu lebih buruk lagi. Tapi kami tetap mencoba memberikan yang terbaik, dan itu yang bisa kami buktikan dan lakukan di pertandingan ini,” terangnya.

Di luar itu, Robert mengkritisi kepemimpinan wasit Rully Ruslin Tambuntina yang memimpin jalannya laga. Seperti dugaan, kata Robert, wasit akan menentukan seperti apa jalannya pertandingan hingga

Meski menang, pelatih berkebangsaan Belanda ini tetap merasa dirugikan dengan sejumlah keputusan yang diambil wasit. “Kita butuh wasit yang lebih baik untuk memimpin jalannya pertandingan,” singkatnya.

Mendampingi Robert, pemain senior Zulkifli Syukur menambahkan, kemenangan ini tak terlepas dari kerja keras tim dan konsistensi untuk menjaga motivasi meraih hasil terbaik.

“Kami berusaha untuk mencoba melakukan yang terbaik dari awal. Karena kami tahu, tuan rumah adalah lawan tangguh yang cukup susah dikalahkan di kandangnya. Tapi dengan semangat, alhamdulillah kami berhasil melakukan itu,” tambahnya.

Berkat kemenangan ini, tim Ayam Jantan dari Timur berhasil menempati puncak klasemen sementara dengan poin 47. Menggeser Persib Bandung yang baru mengoleksi 45 poin. Sementara Borneo, tertahan di papan tengah klasemen. Berada di peringkat tujuh dengan mengoleksi 38 poin.