Jadwal Neraka, Persebaya Terancam Turun Kasta

Alarm tanda bahaya menyala di Persebaya. Sebab, jika tak hati-hati, tim berjuluk Bajul Ijo itu bisa terdegradasi dan kembali menjadi penghuni Liga 2 musim depan.

Bukan menakut-nakuti. Faktanya, Persebaya kini berada di bibir zona degradasi dalam klasemen sementara Liga 1. Persebaya berada di peringkat 14 dengan 29 poin.

Persebaya hanya selisih satu poin dari penghuni zona degradasi, PS Tira yang ada di posisi 16. Sedangkan dua tim terbawah, Perseru Serui dan PSMS mengumpulkan 27 poin.

Celakanya, selain hanya beda 1 poin dan 2 poin dari tiga tim zona degradasi, Persebaya dihadapkan pada jadwal berat. Dari sisa sembilan laga, empat laga merupakan laga tandang.

Sulit bagi Persebaya mendulang poin penuh karena tiga lawan yang dihadapi di luar kandang tercatat sebagai penghuni papan atas, yaitu Persib Bandung, Persipura, Bali United. Satu lagi ada PSMS Medan yang juga sedang berjuang lolos dari jurang degradasi.

Sementara itu, lima laga kandang Persebaya juga tidak ringan. Empat di antaranya melawan tim kandidat juara musim ini, yaitu Madura United, Persija Jakarta, PSM Makassar dan Bhayangkara FC. Hanya satu yang bisa dibilang ringan, yaitu PSIS Semarang.

Menghadapi jadwal neraka dan ancaman degradasi, salah satu pemain Persebaya, Otavio Dutra, masih tetap yakin timnya bisa bangkit dan bertahan di Liga 1 musim depan.