Andik Vermansah Janji Tampil Lebih Baik bila Dipercaya Membela Timnas Indonesia

Andik Vermansah hanya turun sekitar 17 menit saat Timnas Indonesia ditahan 1-1 oleh Hong Kong di laga uji coba, Selasa (16/10/2018) di Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Kendati begitu, Andik yang masuk menggantikan Febri Hariyadi pada menit ke-73 menunjukkan bahwa ia layak mendapatkan kesempatan membela tim Garuda. Minimal, Andik tampil bagus dan hampir mencetak gol ke gawang Hong Kong.

Kendati begitu, Andik mengaku belum sepenuhnya puas dengan penampilannya di pertandingan tersebut. Ia mengaku sedikit grogi lantaran lama tak tampil di kompetisi. Maklum, Malaysia Super League sendiri sudah selesai sejak akhir Juli.

“Menurut saya kurang, masih ada yang harus ditingkatkan. Mungkin karena sudah lama tidak bermain di sebuah kompetisi rutin yang kompetitif. Jadi saat kembali tampil bersama Timnas, agak sedikit grogi,” tuturnya.

Apalagi pemanggilannya juga relatif mendadak, dua hari sebelum bertanding lawan Hong Kong. Sehingga tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Andik sebelum bergabung dengan skuat Timnas lainnya. Andik mengakui, selama tidak berkompetisi, dirinya hanya berlatih untuk jaga kondisi.

“Tadi seperti perjudian buat saya. Meski saya tetap berusaha memberikan yang terbaik. Semoga dari sedikit menit bermain yang diberikan, pelatih masih memberikan saya kesempatan dan kepercayaan bela Timnas Indonesia,” ujar pemain Kedah FA ini.

Piala AFF 2018
Para pemain Timnas Indonesia bersalaman dengan pemain Hongkong pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Jakarta, Selasa (16/10). Kedua negara bermain imbang 1-1. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
Andik berjanji akan berlatih lebih keras setelah Indonesia beruji coba melawan Hong Kong. Pemain yang pernah menjadi ikon Persebaya ini berharap masuk skuat Timnas lantaran ingin membawa Timnas menjuarai Piala AFF 2018.

Soal kepantasan dipanggil lagi memang menjadi keputusan mutlak pelatih. Yang pasti, Andik sudah berterima kasih pada pelatih interim Timnas Bima Sakti karena sudah memberi kepercayaan padanya untuk masuk dalam skuat Indonesia dalam uji coba kali ini.

Andik yakin, bisa tampil lebih baik lagi bila mendapat kesempatan membela Indonesia. Pasalnya, dengan persiapan yang cukup dan kondisi fisik yang lebih baik, ia optimistis bisa memberikan kontribusi besar bagi Timnas.

“Insya Allah saya sangat yakin bisa bermain lebih baik dari ini kalau dapat kesempatan lagi. Saya akan berikan semuanya untuk Timnas Indonesia karena saya sangat ingin membawa tim juara Piala AFF kali ini,” terang Andik.