AFC Resmi Verifikasi Tujuh Tim Liga 1 sebagai Klub Profesional, Ini Daftarnya

Induk organisasi sepak bola tertinggi di Asia, AFC resmi memberikan lisensi klub profesional untuk tujuh kontestan Liga 1 2018.

Hal itu diketahui dalam surat Club Licensi Committee (CLC) PSSI per tanggal 15 Oktober 2018.

Tujuh tim yang lolos verifikasi AFC, yakni Persija Jakarta, Persib Bandung, Arema FC, Bali United, Borneo FC, Bhayangkara FC, dan Persipura Jayapura.

Sementara kontestan lainnya tak lolos verifikasi karena ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi.

Lisensi klub profesional dengan standar AFC bersifat sangat penting bagi setiap klub untuk berpartisipasi di kompetisi level Asia.

Syarat untuk mendapatkan lisensi AFC terbilang cukup berat untuk bisa dipenuhi.

Untuk mendapatkan lisensi, AFC sudah menetapkan lima aspek penilaian yang harus menjadi standar klub.

Kelima aspek tersebut yaitu legalitas, finansial, infrastruktur, administrasi, dan pembinaan usia dini, serta sumber daya manusia.

Musim lalu ada lima tim yang lolos verifikasi, tetapi itu terbagi dalam dua kategori.

Kategori A hanya dua tim, yakni Arema FC dan Persib Bandung. Sedangkan kategori B dihuni Bali United, Madura United, dan Persija Jakarta.

Beberapa elemen dari tujuh tim yang mendapat verifikasi tahun ini memberikan tanggapan masing-masing.

Persib Bandung melalui Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Kuswara S. Taryono bersyukur setelah sebagai klub profesional AFC.

“Ini adalah sebuah anugerah. Di kala sedang menghadapi kendala, khususnya yang berkaitan dengan keputusan Komdis (Komisi Disipin) PSSI,” kata Kuswara, dilansir dari laman resmi tim.

Sementara di kubu Persija Jakarta, melalui pelatih Stefano Cugurra menuturkan, timnya lega sudah mendapat lisensi itu.

Terlebih lisensi yang baru saja didapat merupakan modal utama untuk berlaga di pentas Asia, jika nantinya bisa terwujud.

“Bagus sekali lagi dimana semua tim di Indonesia harus kerja buat punya lisensi dari AFC. Kini Persija sudah punya tentunya bagus juga buat tim,” ujar Teco, dilansir dari laman resmi tim.