Timnas Indonesia Selalu Jadi ‘Mimpi Buruk’ Hong Kong

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Hong Kong akan berlangsung besok, Selasa (16/10/18), di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Indonesia sejauh ini masih belum dilatih oleh Luis Milla. Meskipun demikian, Bima Sakti sudah menyetel dengan gaya permainan Timnas saat ini.

Bima Sakti berhasil memberikan 2 kemenangan saat dipercaya menukangi Timnas senior. Ia sukses membawa skuat Garuda mengalahkan Mauritius 1-0 dan menghajar Myanmar dengan telak 3-0.

Legenda Primavera itu kini dihadapkan pada tantangan berikutnya saat menjamu Hong Kong. Timnas Indonesia mendapatkan 2 amunisi baru usai memanggil Abduh Lestaluhu dan Andik Vermansah, meski kehilangan Rezaldi Hehanusa dan Esteban Vizcarra.

Indonesia memiliki rekor positif saat berhadapan dengan Hong Kong. Selama 5 pertemuan terakhir, Timnas Garuda belum mengalami kekalahan sekali pun.

Pertemuan terakhir antara Indonesia dan Hong Kong terjadi pada tahun 2007. Indonesia berhasil menang dengan skor 3-0 di Jakarta.

Indonesia terakhir kali kalah dari Hong Kong terjadi pada kualifikasi Piala Dunia pada 1978 di Singapura. Setelah itu, Indonesia meraih 3 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Terlebih, Indonesia selalu dapat meraih kemenangan dengan rata-rata 3 gol. Meskipun peta kekuatan lawan sudah berbeda, catatan tersebut dapat menjadi pemicu untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan atas Hong Kong.

Hong Kong akan menjadi lawan terakhir Timnas Indonesia sebelum terjun ke Piala AFF 2018. Indonesia tergabung dalam grup B bersama Thailand, Singapura, Filipina, dan Timor Leste.

6 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia vs Hong Kong:

Indonesia 1-4 Hong Kong (Singapura, Kualifikasi Piala Dunia pada 1978)
Hong Kong 1-1 Indonesia (Hong Kong, Kualifikasi Piala Dunia pada 1990)
Indonesia 3-2 Hong Kong (Jakarta, Kualifikasi Piala Dunia pada 1990)
Hong Kong 1-1 Indonesia (Hong Kong, Kualifikasi Piala Dunia pada 2000)
Indonesia 3-1 Hong Kong (Jakarta, Kualifikasi Piala Dunia pada 2000)
Indonesia 3-0 Hong Kong (Jakarta, Kualifikasi Piala Dunia pada 2007)