Prediksi PSIS Vs Barito Putera: Ujian Konsisten Tuan Rumah

PSIS Semarang dalam kondisi oke alias on fire. Laskar Mahesa Jenar mampu meraih tujuh poin dari empat laga terakhir sejak dibesut Jafri Sastra.

Konsistensi performa tuan rumah kini akan diuji tim papan atas, Barito Putera, pada pekan ke-25 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (13/10/2018).

Pada pertemuan pertama, PSIS dihajar 1-4 oleh tim berjulukan Laskar Antasari tersebut.

Jafri mengklaim persiapan pasukannya untuk menjamu Barito Putera sudah maksimal. Terlebih, PSIS memiliki waktu yang cukup panjang untuk bersiap diri, setelah melawan Persela Lamongan (5/10/2018).

“Semua pemain sudah siap tempur untuk pertandingan nanti. Kami juga sudah memaksimalkan waktu yang ada untuk meracik strategi seperti apa yang akan diterapkan untuk pertandingan nanti,” kata pelatih asal Padang itu.

Tak hanya soal konsistensi, kemenangan memang sangat dibutuhkan Hari Nur Yulianto dkk. yang masih tertahan di zona degradasi atau posisi ke-16 dengan poin 27.

Jika bisa merebut poin penuh, PSIS akan meninggalkan dari zona merah dan berada di papan tengah. Belum lagi, terbantu dengan kekalahan Sriwijaya FC dari Bhayangkara FC, Jumat (12/10/2018), dan duel antara PSMS Medan dan PS Tira yang tertunda.

“Kami butuh tambahan poin untuk mendongkrak posisi sekarang. Kami sudah persiapan bagus, mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana,” ungkap mantan pelatih Mitra Kukar itu.

Meski begitu, pelatih berusia 53 tahun tersebut menilai Barito Putera satu di antara klub terbaik yang berada di jajaran papan atas klasemen sementara. Untuk itu, ia menekankan pentingya kedisiplinan dan tanggung jawab posisi pemain untuk mendapatkan poin penuh.

“Saya ingin pemain disiplin untuk menerapkan skema dan permainan yang sudah kami rancang. Semua tahu, Barito Putera tim bagus sehingga jangan sampai ada kesalahan,” ucap Jafri.

Sementara Barito Putera datang ke Magelang dengan kondisi yang kurang bersahabat. Klub yang bermarkas di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, itu belum pernah menang di empat laga terakhir. Mereka bahkan ditahan juru kunci PSMS Medan 3-3 di kandang sendiri di laga sebelumnya (7/10/2018).

Asisten pelatih Barito Putera, Yunan Helmi, menyebut timnya juga mengincar kemenangan di laga ini. Baginya, tambahan tiga angka akan membuat Barito Putera kembali kelima besar.

“Dengan poin tersebut, akan membuat langkah tim ke depannya semakin baik. Namun, PSIS juga sedang dalam kondisi bagus. Kami tak akan meremahkan dan bakal bekerja keras,” ujar Helmi.

Prakiraan Susunan Pemain

PSIS Semarang (4-3-3): Joko Ribowo (kiper); Gilang Ginarsa, Fauzan Fajri, Petar Planic, Frendi Saputra (belakang); M Yunus, Ibrahim Conteh, Nerius Alom (tengah); Bayu Nugroho, Bruno Silva, Hari Nur Yulianto (depan)

Pelatih: Jafri Sastra

Barito Putera (4-3-3): Aditya Harlan (kiper); Gavin Kwan Adsit, Aaron Evans, Dandi Maulana, Rony Beroperay (belakang); Paulo Sitanggang, Mathias Cordoba, Fajar Handika (tengah); Douglas Packer, Marcel Sacramento, Samsul Arif (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago