Pelatih Timnas Indonesia Ungkap Alasan Tak Panggil Boaz Solossa untuk Laga FIFA Matchday

Pelatih interim timnas Indonesia Bima Sakti menjelaskan alasan tak munculnya nama penyerang senior, Boaz Solossa, dalam daftar 22 nama pemain yang dipanggil untuk menjalani pemusatan latihan atau training camp (TC).

Bima Sakti menjelaskan, tak dipanggilnya Boaz lantaran timnas Indonesia ingin memberikan kesempatan bagi pemain lain untuk menunjukkan kemampuan.

Selain itu, alasan di balik pemanggilan pemain tersebut juga karena penampilan apik mereka di level klub.

“Kami ingin memberi kesempatan kepada pemain lain supaya bisa berkembang. Karena ini bagian dari persiapan Piala AFF 2018 Bulan november,” ujar Bima Sakti kepada wartawan.

“Kami mencoba memanggil pemain yang punya kontribusi dan performa bagus di Liga 1. Jadi semua pemain punya kesempatan,” katanya.

Namun demikian, pelatih berusia 42 tahun tersebut tak memandang sebelah mata kualitas yang dimiliki Boaz Solossa.

Selain itu, kapten Persipura Jayapura itu tak dipanggil bukan karena tak berkualitas.

Bima Sakti menjelaskan, nama-nama pemain yang dipanggil memang selaras dengan kebutuhan tim untuk tampil di Piala AFF 2018.

“Kami sudah tahu kualitas Boaz bagaimana dan kami akan lihat kebutuhan di Piala AFF terkait dengan siapa saja pemain yang akan kami panggil,” tutur Bima.

Dari nama-nama yang dipanggil, didominasi oleh pemain senior namun tetap para pemain jebolan timnas U-23 Indonesia yang tampil pada Asian Games 2018 lalu juga ada yang dipanggil.

Beberapa pemain senior yakni Andritany (Persija), Muhammad Ridho (Borneo FC), Fachruddin (Madura United), Rizki Pora (Barito Putera), Bayu Pradana (Mitra Kukar), Alfin Tuasalamony (Arema FC), Stefano Lilipaly (Bali United) dan lain-lain.

Timnas Indonesia telah melakoni latihan perdananya di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Senin (8/10/2018).

Latihan ini adalah bagian dari persiapan sebelum menggelar dua laga uji coba kontra timnas Myanmar pada 10 Oktober 2018.

Setelah itu, timnas Indonesia juga akan menjajal timnas Hong Kong, 16 Oktober, kedua pertandingan itu bakal digelar di Stadion Wibawa Mukti.