Kemendikbud Gelar Kompetisi Sepak Bola Tingkat Nasional

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) menggelar kompetisi sepak bola jenjang pendidikan SMP, Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 8-12 Oktober mendatang di Jakarta.

Kompetisi ini diikuti 612 peserta dan 136 pendamping (official) dari 34 provinsi se-Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan bahwa kompetisi ini sebagai wujud program Nawacita Presiden Joko Widodo.

“GSI dilaksanakan sebagai wujud menjalankan program Nawacita Presiden Joko Widodo yakni revolusi mental melalui olahraga, dan juga sebagai wujud nyata menuju percepatan pembangunan persepakbolaan nasional sebagaimana arahan presiden pada rapat terbatas tanggal 24 Januari 2017,” kata Hamid dalam jumpa pers di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Senin (08/10/2018).

Hamid menambahkan bahwa Gala Siswa Indonesia dapat menumbuhkan bibit-bibit unggul.

“GSI akan dijadikan kompetisi tahunan. Sehingga akan menjadi tradisi pertandingan musiman pada jenjang sekolah, seperti di negara-negara maju lainnya. Harapannya, akan lahir bibit-bibit unggul dalam persepakbolaan nasional melalui GSI ini,” kata Hamid.

“Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi adik-adik peserta GSI,” tutur dia menambahkan.

Hal yang membanggakan dari pelaksanaan GSI ini, yaitu Juara I Tingkat Nasional Tahun 2018 akan mengikuti pelatihan dan sparing partner bersama klub Juventus dan beberapa klub di Kota Turin, Italia.