APPI Tanggapi soal Kerusuhan di Laga Arema FC vs Persebaya

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), akhirnya memberikan tanggapan dan respon akibat insiden kerusuhan yang terjadi pada laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada pekan ke-24 Liga 1 2018.

Dalam laga yang berlangsung pada Sabtu (06/10/18) kemarin, Arema yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil menaklukan sang tamu Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0, berkat gol yang dicetak Ahmad Nur Hadianto.

Sayang kemenangan tersebut terasa hambar, akibat tindakan beberapa suporter Arema yang melakukan aksi kurang terpuji kepada beberapa pemain Persebaya.

Baca Juga Sempat Diintimidasi Oknum Aremania, Ini Pengakuan Kiper Persebaya
Diantaranya dalam laga tersebut, para pendukung Arema masih terdengar menyanyikan provokasi ke suporter Persebaya. Bahkan, satu orang pendukung Singo Edan masuk ke lapangan untuk memprovokasi pemain Green Force yang sedang pemanasan.

Lebih parah lagi, seorang Aremania melakukan tindakan konyol dengan mengencingi salah satu gawang yang akan digunakan dalam pertandingan, serta merobek bendera Persebaya setelah wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Akibat tindakan tersebut, APPI memberikan tanggapannya dan sikap terkait aksi kurang terpuji para pendukung Arema dalam laga kontra Persebaya tersebut.

Terdapat empat poin yang menjadi respon APPI terkait insiden di laga Arema vs Persebaya, hampir semua poin menginginkan PSSI bertindak tegas dan menghukum para oknum kerusuhan tersebut.

  • APPI mengecam keras tindakan suporter yang bisa masuk ke dalam lapangan pertandingan karena dalam peraturan pertandingan, lapangan adalah area steril sehingga hal tersebut dapat membahayakan   pemain dari tindakan tidak terduga supporter
  • Panitia Pelaksana pertandingan tidak siap dan tidak sigap dalam melaksanakan sistem keamanan pertandingannya sehingga gagal mencegah maupun menindak supporter yang melanggar masuk ke dalam pertandingan tersebut
  • Insiden yang melibatkan supporter ini terjadi beruntun dan dalam kurun waktu yang tidak berjauhan, mengindikasikan tidak tepatnya putusan/sanksi yang diberikan oleh PSSI, oleh karenanya kami meminta adanya pemikiran dan penanganan jangka panjang yang dibuat oleh PSSI
  • Mendesak Komdis PSSI memberikan sanksi yang tegas atas insiden ini terutama kepada oknum suporter yang terbukti jelas melakukan pelanggaran, provokasi hingga intimidasi hingga membahayakan pemain yang berada di lapangan.