Matias Conti Cetak 2 Gol, Borneo FC Tekuk Persipura

Borneo FC mengalahkan Persipura Jayapura 2-1 pada pekan ke-24 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, di Stadion Segiri, Samarinda, Senin (8/10/2018).

Duel kedua tim berjalan tempo lambat di awal pertandingan. Praktis, tidak banyak peluang yang berhasil diciptakan oleh kedua tim pada menit-menit awal.

Ancaman serius baru diberikan Persipura pada pertengahan babak pertama. Namun, tendangan jarak jauh, Boaz Solossa, masih bisa ditepis Nadeo Argawinata pada menit ke-26.

Borneo FC balik memberikan tekanan kepada Persipura. Sayangnya, umpan silang Titus Bonai gagal dimanfaatkan Ambrizal Umanailo karena tembakannya menyamping tipis dari gawang Dede Sulaiman.

Peluang terbaik didapat Persipura untuk unggul lebih dahulu di laga ini. Namun, umpan sepak pojok Boaz gagal dimanfaatkan Ricardo Salampessy yang berdiri bebas di kotak penalti Borneo FC jelang akhir babak pertama.

Di babak kedua, Borneo FC bermain lebih agresif untuk mencetak gol pertama di laga ini. Upaya itu membuahkan hasil setelah sundulan Matias Conti membobol gawang Persipura memanfaatkan umpan silang Mahadirga Lasut pada menit ke-59.

Tiga menit berselang, Borneo FC memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui tendangan penalti Conti. Penalti itu diberikan karena Yohanis Tjoe melanggar Tijani Belaid di dalam kotak penalti.

Pada menit ke-65, Conti hampir mencetak hattrick di laga ini. Sayang, tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti hanya menerpa mistar gawang Persipura.

Tim tamu berupaya mencetak gol untuk memperkecil kedudukan di laga ini. Usaha itu berujung positif setelah Addison Alves membobol gawang Nadeo pada menit ke-68.

Margin satu gol membuat Persipura bersemangat untuk menyamakan kedudukan. Dua peluang didapat Ian Kabes dan Imanuel Wanggai, namun belum berhasil menggetarkan gawang Borneo FC.

Jelang laga usai, Borneo FC harus kehilangan Tijani Belaid karena diusir wasit Novari Ikhsan. Kendati demikian, skor 2-1 untuk kemenangan Borneo FC bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Pesut Etam menggeser posisi Persipura dari peringkat kedelapan klasemen dengan 35 poin, sementara tim tamu turun satu tingkat ke posisi kesembilan klasemen sementara.

Susunan pemain

Borneo FC (4-2-3-1): 1-Nadeo Argawinata; 4-Wildansyah, 32-Leonard Tupamahu, 63-Renan Alves, 17-Abdulrachman; 15-Mahadirga Lasut (44-Achmad Hisyam Tolle 85′), 33-Wahyudi Hamisi; 14-Ambrizal Umanailo (22-Sultan Samma 60′), 75-Tijani Belaid, 11-Titus Bonai (36-Edy Gunawan 90+1′); 9-Matias Conti

Pelatih: Dejan Antonic

Persipura Jayapura (4-3-3): 27-Dede Sulaiman; 21- Tinus Pae, 4-Ricardo Salampessy, 44-Yohanis Tjoe, 82-Valentino Telaubun (23-Priska Womsiwor 63′); 11-Imanuel Wanggai, 32-Muhammad Tahir, 13-Ian Kabes; 86-Boaz Solossa (6-Elisa Basna 85′), 20-Addison Alves, 10-Hilton Moreira

Pelatih: Oswaldo Lessa

Wasit: Novari Ikhsan