Hukuman PSSI Terhadap Persib Dinilai Tidak Transparan

Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali menilai bahwa sanksi yang dikeluarkan Komdis PSSI terhadap Persib tidak transparan. 

Menurut Akmal Marhali, daftar sanksi untuk tindakan indisipliner di sepak bola sendiri sudah diatur. Untuk itu, penting bagi PSSI untuk menjelaskan ke masyarakat secara terbuka. 

“PSSI tiba-tiba saja mengeluarkan hukuman, tidak ada transparansi. Sebenarnya aturannya sudah jelas, ya, tinggal bagaimana PSSI menjelaskan itu ke masyarakat secara terbuka,” ujar Akmal. 

Akmal pun menyarankan jika memang Persib tidak puas dengan hukuman dari Komdis, maka Tim Maung Bandung bisa mengajukan banding. 

“Barangkali hukumannya bisa lebih ringan seperti yang telah sudah-sudah,” ujar Akmal.

Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sendiri menyatakan akan melakukan banding terkait sanksi yang dijatuhkan Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Hal itu dilakukan karena dinilai hukuman dari Komdis tidak adil.

“Pertama ada komunikasi di internal manajemen dan menyikapi adanya putusan komdis, yang kami sudah terima dari komdis PSSI, kami saat ini sedang mempelajari pertimbangan hukum apa sehingga komdis memutus demikian,” kata Komisaris PT PBB, Kuswara S Taryono, Selasa (02/10/18).