Viking Sampaikan 4 Poin Himbauan untuk Ciptakan Perdamaian Suporter

Viking selaku salah satu basis suporter sepak bola terbesar di Indonesia tidak ingin ada lagi kejadian seperti yang menimpa Haringga.

Viking Persib Club (VPC), menyampaikan himbauan kepada seluruh elemen Persib (Manajemen, Pemain, Official dan Bobotoh) untuk melakukan langkah kongkrit mewujudkan perdamaian antar suporter.

Himbauan yang berisi empat poin tersebut dan ditanda tangani ketua Viking, Herru Djoko dan diriegen Viking, Yana Umar tertanggal 28 September 2018 itu disampaikan melalui akun instagram pengurus  dan Distrik Viking.

Hal ini tak lepas dari kasus pengeroyokan kepada seorang Jakmania, Haringga Sirila hingga meninggal dunia oleh oknum Bobotoh saat akan menyaksikan laga Persib vs Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (23/09/2018).

Berikut keempat poin yang dirilis Viking:

1. Mengajak seluruh elemen Persib untuk melakukan langkah kongkrit demi mewujudkan perdamaian antar suporter, semangat untuk terus memperbaiki diri untuk kemajuan sepak bola di Indonesia.

2. Tidak melakukan bentuk provokasi apapun serta menjaga nilai-nilai kekeluargaan, menjaga nama baik Persib dan Bobotoh, mensosialisasikan perdamaian dengan suporter manapun, baik di media sosial maupun lingkungan sosial.

3. Tidak melakukan ujaran kebencian (perkataan, perilaku, tulisan dan pertunjukan), menyebarkan berita palsu dan SARA, demi terwujudnya perdamaian antar suporter, serta mendukung upaya untuk mengakhiri kekerasan dalam dunia sepak bola di Indonesia.

4. Menjunjung tinggi sportivitas dalam mendukung Persib dengan menghentikan pesan, nyanyian atau chants dan atribut yang berbau rasis, atau menyudutkan pihak tertentu.

Yana Umar sendiri dalam posting-an di instagram pribadinya @yanaumar33 mengajak semua pihak terutama elemen Persib untuk intripeksi, agar ke depannya kejadian serupa tidak terulang.

“Bismillah. Mari kita saling introspeksi diri mulai dari kita, hindari dari hal-hal yang tidak diinginkan dan jadikan pembelajaran untuk kita semua,” tulis salah satu pentolan Viking tersebut.