Tiga Faktor yang Membuat Timnas U-16 Banjir Dukungan di Piala AFC

Keberhasilan Timnas U-16 Indonesia menembus babak perempat final Piala AFC U-16 tidak bisa dilepaskan dari dukungan yang tiada henti suporter Indonesia.

Hampir setiap Tim Garuda Asia bertanding, Stadion Bukit Jalil selalu dipenuhi oleh ribuan suporter yang identik dengan warna merah. Mereka dengan setia memberikan dukungan kepada David Maulana dan kolega.

Bahkan menurut data yang dihimpun Bola.net, jumlah penonton terus bertambah setiap hari pertandingan.

Pada pertandingan melawan Iran, pertandingan disaksikan 3.431 penonton, meningkat drastis menjadi 11.201 penonton saat menghadapi Vietnam. Pada laga kontra Indonesia disaksikan hingga 11.300 penonton.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini mengakui bahwa dukungan suporter memang patut diacungi jempol. Dan sejak awal ia sudah menduga bahwa antusiasme mereka akan seperti itu.

Menurut Fakhri, ada tiga faktor yang membuat suporter Indonesia akan memenuhi venue pertandingan Piala AFC yang berlangsung di Malaysia.

”Kita punya banyak tenaga kerja di sini yang mencintai sepak bola, kita punya banyak pelajar yang belajar di Malaysia,” ucap Fakhri.

”Dan jarak antara Kuala Lumpur dengan Indonesia tidak terlalu jauh, jadi tidak mengejutkan buat saya pertandingan disaksikan 11 ribu penonton,” imbuh pelatih asal Aceh ini.

Karena jarak yang begitu dekat, kata Fakhri, suporter juga bisa melakukan perjalanan dengan sangat murah. Bahkan dengan bermodal uang 500 ribu rupiah, suporter Indonesia bisa terbang ke Malaysia.

”Dan tentu AFC akan senang karena banyak pemasukan juga,” timpal Fakhri dengan sedikit bercanda.