Solusi Jitu dari Rahmad Darmawan untuk Mengakhiri Permusuhan Suporter

Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan, menyebut media sosial memiliki peran penting dalam menebar kebencian antarsuporter. Oleh sebab itu, dia mengajak semua pihak untuk juga memanfaatkan media sosial sebagai wadah menyuarakan kampanye perdamaian.

Rahmad Darmawan prihatin dengan gampangnya isu-isu negatif menyebar melalui media sosial. Hal ini yang terkadang menjadi pemicu kebencian antarsuporter dan pada akhirnya mengantarkan pada gesekan yang tak berujung.

“Saya rasa suporter harus intropeksi diri karena sekarang ini media sosial sangat rentan sekali terhadap isu-isu negatif yang bisa cepat sampai kepada mereka sehingga dibutuhkan juga pendekatan dengan jalur yang sama untuk membina suporter,” kata Rahmad Darmawan ketika dihubungi Bola.com.

Rahmad Darmawan mengajak seluruh pihak yang berada di lingkungan internal klub untuk tak bosan memberikan kampanye perdamaian melalui media sosial. Selain itu, suporter juga harus diberikan edukasi agar tidak mudah termakan berita-berita hoax yang dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Andai hal itu berhasil, gesekan antarsuporter bisa dicegah atau dikurangi. Sebab, pria yang akrab disapa coach RD itu juga menilai hal ini sangat penting karena pada akhirnya suporter dan klub merupakan unsur yang tidak bisa dipisahkan.

“Seluruh pembina suporter, ketua koordinator lapangan di setiap wilayah mereka agar memberi edukasi kepada angggota-anggotanya juga di media sosial. Jadi, saya berharap nantinya suporter itu justru menjadi pemicu semangat klub atau menjadi pemain ke-12 dari setiap tim, bukan jadi yang merugikan tim itu sendiri,” tegas Rahmad Darmawan.