Persija Jakarta & Jakmania Gelar Silaturahmi Dengan Wakabaintelkam Mabes Polri

Manajemen Persija Jakarta mengadakan silaturahmi dengan Pengurus Pusat (PP) The Jakmania, Koordinator Wilayah (Korwil) The Jakmania dan Wakaba Intelkam Mabes Polri Irjen Pol. Drs. Suntana, di kawasan Kemayoran, Jumat (28/9) petang.

Pertemuan tersebut diadakan untuk menyikapi kejadian tewasnya salah satu Jakmania asal Cengkareng, Haringga Sirila, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, 23 September lalu, karena aksi kekerasan suporter.

Gede Widiade selaku direktur utama Persija menjelaskan bahwa pihak klub ingin Jakmania bisa menyikapi kasus tersebut dengan kepala dingin. “Jangan terpancing, harus bisa sabar dan tunjukkan The Jakmania tak mudah emosi dan terprovokasi,” katanya.

Menurut Gede, pihak kepolisian sudah bergerak dengan cepat dan bagus untuk mengusut kasus Haringga sehingga sudah didapatkan tersangka pengeroyokan. Ia benar-benar meminta Jakmania supaya tidak sampai membalas kejadian di Bandung.

Selain itu, Tauhid Ferry Indrasjarief selaku ketua umum The Jakmania juga mengimbau agar Jakmania bisa mengendalikan diri dan selalu sportif dalam mendukung tim. “Kalau misalnya tidak bisa mengajak kebaikan, minimal jangan ajak temannya berbuat buruk,” katanya.

Bentuk ujaran kebencian melalui atribut, nyanyian hingga media sosial diminta Ferry untuk bisa dihindari oleh Jakmania. Ia tidak mau sampai ada provokasi yang dibikin oleh Jakmania yang berakibat memperkeruh suasana.

“Tolong teman-teman untuk sabar, untuk tenang, untuk menahan diri dan membiarkan pihak berwenang untuk bertugas. Bantu Pak Suntana, bantu Polri, biar ini diselesaikan melalui jalur hukum,” tuturnya.