Madura United Agendakan Laga Amal Melawan Arema untuk Haringga Sirla

Penghentian sementara Liga 1 2018 yang dilakukan PSSI mendapat respons beragam dari klub peserta seperti Madura United. Pertandingan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

Madura United memiliki rencana untuk mengisi agenda tim selama kompetisi terhenti. Klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu bakal menjalani uji coba melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (29/9/2018).

Hal itu perlu dilakukan mengingat Madura United sudah menata program untuk beberapa pertandingan ke depan. Pemain kehilangan feeling memegang bola bila agenda tim juga ikut diliburkan.

“Agenda ini akan bagus buat tim karena memang program pelatih pada tanggal tersebut sudah memasuki jadwal pertandingan sehingga ritme pertandingan tetap terjaga,” ujar Haruna Soemitro, manajer Madura United, Rabu (26/9/2018).

Pertemuan ini bukan pertandingan uji coba biasa. Ini merupakan laga amal yang ditujukan untuk mengenang insiden Haringga Sirla, suporter Persija Jakarta meninggal dunia akibat yang dikeroyok oknum suporter Persib Bandung (23/9/2018).

Panpel pertandingan menyiapkan tiket yang dibanderol Rp10 ribu untuk ekonomi dan Rp35 ribu untuk kelas VIP. Hasil penjualan tiket akan didonasikan untuk keluarga almarhum Haringga Sirla.

“Kami akan melaksanakan pertandingan amal yang pendapatan tiketnya akan diserahkan untuk keluarga korban,” imbuh pria yang pernah menjabat Ketua Asprov PSSI Jawa Timur itu.

Haringga merupakan satu di antara sekian korban meninggal akibat perseteruan suporter. Saat ini, perumusan perdamaian antar uporter tengah dilakukan untuk mencegah kejadian serupa.

Pertemuan Madura United dan Arema bisa menjadi contoh bagi klub lain. Selama ini, Aremania memiliki hubungan kurang apik dengan K-Conkmania (suporter Madura United) karena memiliki kedekatan dengan Bonek (suporter Persebaya Surabaya).