PSSI Bakal Lapor Insiden Meninggalnya Suporter Persija ke FIFA

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menyebut pihaknya akan memberikan laporan kepada AFC hingga FIFA terkait insiden yang menimpa Haringga Sirla, suporter Persija Jakarta yang tewas jelang laga kontra Persib Bandung.

Haringga Sirla dikeroyok suporter Persib Bandung jelang laga pekan ke-23 Liga 1 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018). Nyawa pemuda berusia 23 tahun tak tertolong dan meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit.

Insiden ini lantas memicu kesedihan, kekecewaan, dan kemarahan berbagai pihak. Walhasil, PSSI untuk sementara waktu menghentikan penyelenggaraan Liga 1 2018. Edy Rahmayadi menyebut pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan investigasi khusus.

“Kami akan melaporkan dan melakukan koordinasi dengan AFC dan FIFA karena ini semua tak lepas dari FIFA sebagai induk sepak bola dunia,” kata Edy Rahmayadi dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (25/9/2018).

Selain itu, PSSI juga akan melakukan kosolidasi dengan PT Liga Indonesia Baru, manajemen klub, dan kelompok suporter. Hal ini dilakukan agar insiden tersebut tak terulang di masa depan.

“Dari hasil ini semua kami akan buat prosedur yang lebih jelas untuk meredam dan menghentikan kegiatan merugikan. Apalagi ini terus berulang dari 2005 sampai sekarang sudah ada 95 korban,” tegas Edy Rahmayadi.

PSSI tak ingin terburu-buru menetapkan sanksi pada Persib Bandung atas tewasnya suporter Persija Jakarta. Namun, jika terbukti lalai maka PSSI tak segan untuk memberikan sanksi terberat kepada Persib semisal didiskualifikasi dari Liga 1 2018.