Fakhri Husaini Tak Pernah Ragukan Ketajaman Zico

Sutan Diego Armando Ondriano Zico kembali membukukan gol untuk timnas Indonesia U-16. Fakhri Husaini selalu percaya Zico bisa diandalkan untuk bikin gol.

‘Garuda Muda’ bermain imbang 1-1 melawan Vietnam di laga kedua Grup C Piala Asia U-16 2018. Laga yang berlangsung ketat itu digelar di stadion nasional Bukit Jalil, Senin (24/9/2018).

Timnas U-16 ketinggalan lebih dulu di babak pertama karena gol tendangan bebas Khuat Van Khang. Merasa serangan timnas U-16 kurang tajam, Fakhri kemudian menambah amunisi lini serang.

Zico dimasukkan untuk mengganti Amanar Abdillah selepas turun minum. Keputusan Fakhri itu membuahkan hasil sebab Zico mencatatkan namanya di menit ke-50. Indonesia pun mengemas satu poin.

Fakhri sejak awal tahu Zico bisa jadi pemecah kebuntuan, kendati kondisinya tak sepenuhnya fit. Anak asuhnya itu memang punya insting gol yang tinggi. Di fase kualifikasi Piala Asia 2018, Zico merupakan top skorer, dengan membukukan 10 gol dalam 3 pertandingan.

Sementara di Piala AFF 2018, Zico cuma membukukan dua gol. Tapi dalam turnamen di Sidoarjo, Jawa Timur tersebut, Indonesia menjadi juara.

“Setiap menurunkan pemain saya selalu koordinasi, konsultasi dengan dokter untuk pemain-pemain yang cedera. Zico termasuk pemain yang mengalami cedera cukup serius dan harus istirahat dalam waktu cukup lama,” kata Fakhri selepas laga melawan Vietnam.

“Saya tak meragukan Zico dalam hal mencetak gol. Da salah satu pemain terbaik yang kita punya di lini depan tapi saya juga mempertimbangkan kondisi kesehatan dia, kebugaran dia. Sampai saat ini Zico tidah berada di kondisi terbaiknya,” dia menambahkan.

“Di babak kedua kami memasukkan Zico, ini untuk memecah kebuntuan yang kami alami di babak pertama dan Zico bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Fakhri.