Fakhri Husaini Apresiasi Performa Timnas Indonesia U-16 Saat Hadapi Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mengapresiasi performa dan kerja keras anak asuhnya yang bermain 1-1 kontra Vietnam pada laga kedua Grup C Piala AFC U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (24/9/2018) malam WIB.

Tim Garuda Asia sempat tertinggal lebih dulu melalui gol yang dicetak oleh Khuat Van Khang lewat tendangan bebas pada menit ke-31. Namun, Timnas Indonesia U-16 mampu membalas ketertinggalan pada babak kedua.

Tepatnya pada menit ke-50, Sutan Zico menyamakan kedudukan setelah menerima umpan dari Bagus Kahfi. Sutan Zico yang mendapat pengawalan ketat mampu melepas tembakan keras yang tak dapat dihalau kiper Vietnam.

Hingga pertandingan usai, tak ada gol tambahan yang dicetak kedua tim, meski begitu banyak peluang yang didapatkan. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, pun merasa sangat gembira dengan hasil yang didapatkan timnya.

“Kami gembira mendapatkan satu poin saat menghadapi Vietnam yang sudah kami hadapi empat kali sebelumnya. Pertandingan melawan mereka selalu menjadi pertandingan yang sangat intens,” ujar Fakhri.

“Namun, saya gembira dengan upaya yang dilakukan oleh para pemain saya. Satu poin ini akan membuat kami maju dan fokus untuk pertandingan selanjutnya,” lanjutnya seperti dilansir dari situs resmi AFC.

Bicara soal jalannya pertandingan, Fakhri Husaini mengakui lini serang timnya tak sebaik lini belakang pada babak pertama. Hal tersebut yang membuatnya memutuskan memasukkan Sutan Zico dan terbukti menjadi sebuah pergantian pemain yang sangat bagus.

“Ada begitu banyak masalah pada babak pertama, lini serang kami tak cukup tajam. Soal pertahanan kami bagus, tapi serangan kami kurang tajam. Kami tidak kebobolan dalam sebuah permainan terbuka, tapi dari sebuah set-piece,” paparnya.

“Sementara itu pada babak kedua, saya memasukkan Zico dan ia memberikan hasil yang kami butuhkan. Vietnam sangat disiplin, lini pertahanan mereka sangat bagus pada babak pertama dan para pemain sayap kami kesulitan untuk menghadapinya dan itu sebabnya Zico dibutuhkan,” ujar Fakhri Husaini.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi India dalam pertandingan terakhir Grup C Piala AFC U-16 2018 pada Kamis (27/9/2018). Tim asuhan Fakhri Husaini itu hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke perempat final.