Terkait Tewasnya Suporter Persija, PSSI Siap Penuhi Deadline BOPI

PSSI siap memenuhi tenggat waktu yang diberikan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) berkaitan dengan tewasnya suporter Persija Jakarta, Haringga Sirila. Haringga, 23 tahun tewas usai dikeroyok oknum suporter di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu, 23 September 2018.

Haringga tewas saat hendak menyaksikan pertandingan El Clasico Persib Vs Persija Jakartadalam lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Meski dilarang, Haringga nekat bertolak ke Bandung sampai akhirnya dicegat dan dikeroyok tidak jauh dari lokasi pertandingan.

Menyikapi kejadian ini, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), PSSI, dan PT Liga Indonesia (PT LIB), menggelar pertemuan, Senin (24/9/2018). Pertemuan ini menghasilkan enam poin di mana salah satunya meminta agar PSSI segera mengambil keputusan kepada pihak yang terkait dengan insiden ini.

BOPI memberi waktu selama sepekan kepada PSSI. “Untuk penyelesaian kasus ini, kami dari PSSI telah berkoordinasi dengan PT LIB untuk mengumpulkan data-data mengenai fakta-fakta kemarin. Tentu kami akan bergerak cepat. Terkait dengan deadline, kami akan berusaha secepat mungkin untuk menyelesaikannya,” kata Gatot Widakdo, Head of Media Relations and Digital Promotion PSSI di Gedung Kemenpora, Senin (24/9/2018).

Mengenai sanksi, Gatot belum bisa berkomentar lebih jauh. Sebab pihaknya masih melihat sejauh mana pelanggaran kode disiplin yang terjadi. “Karena kami dari PSSI adalah wilayah pertandingan. Kalau untuk kriminalisasi, kami serahkan kepada pihak kepolisian,” katanya.

Sementara itu, BOPI juga mengimbau kepada PSSI dan PT LIB untuk sementara menghentikan semua kompetisi. Dan BOPI berharap hal itu dilakukan mulai Selasa (25/9).

“Nanti kami akan berkoordinasi lagi dengan BOPI karena kompetisi ini sudah ditetapkan jadwalnya. Kami juga akan koordinasi dengan PT LIB seperti apa implementasinya. Kita lihat apa yang bisa kita lakukan dalam 24 jam ini,” ujar Gatot menjelaskan.

PSSI sendiri rencananya akan memberikan keterangan pers di ruang media Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (25/9/2018). Acara ini digelar sebelum pertandingan PSSI Anniversary yang mempertemukan Timnas Indonesia U-19 dan Tiongkok.