Prediksi PSM Vs Sriwijaya FC: Tuan Rumah Bergelora

Berhasil mencuri tiga poin PS Tira pada pekan ke-22 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak (19/9/2018) membuat motivasi PSM Makassar bergelora.

Skuat Juku Eja tidak ingin momentum positif ini menghilang, termasuk saat menjamu Sriwijaya FC pada pekan ke-23 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (23/9/2018).

Pelatih PSM, Robert Alberts, yakin skuatnya bisa meraih tiga poin di kandang sendiri. Sebelumnya, Juku Eja tercatat dua kali ditahan imbang tim tamu pada putaran kedua Liga 1 2018 di Makassar, yakni Perseru Serui 2-2 (5/8/2018) dan Barito Putera 1-1 (13/9/2018).

Menurut Robert, selain motivasi pemain, tim asuhannya memang dalam kondisi baik. PSM bisa memainkan Marc Klok dan M. Rahmat yang absen saat dijamu PSM Tira.

Secara khusus, Robert berharap Rahmat bisa tampil dengan kemampuan terbaiknya. “Rahmat adalah pemain spesial di PSM. Dia tidak hanya piawai dalam membuka serangan dan membuat assist tapi juga mencetak gol,” kata Robert.

Itulah mengapa, Robert bergeming dengan target tiga poin, meski pada pertandingan besok oa tidak bisa memainkan Hasim Kipuw, Rasyid Bakri (cedera) dan Asnawi Mangkualam (TC Timnas Indonesia U-19). “Kami akan tampil aktraktif untuk meraih tiga poin dari Sriwijaya,” tegas Robert.

Sebagai pengganti peran Hasim sebagai bek kanan, Robert kembali menurunkan Zulkifli Syukur, kapten PSM yang belakangan jadi pemain pelapis.

“Sebagai kapten, Zulkifli pantas jadi anutan baik di di dalam maupun di luar lapangan. Dia juga selalu menunjukkan kerja kerasnya dalam latihan. Itu yang membuat saya menghormatinya,” jelas Robert.

Sementara di lini tengah, Robert akan memaksimalkan sosok Wiljan Pluim yang bakal ditopang dua gelandang pekerja Klok dan Rizky Pellu.

“Willy (Pluim) sudah tahu apa yang dia akan lakukan di lapangan. Dia juga sudah paham dengan kondisi sepak bola Indonesia,” ujar pelatih asal Belanda itu.

Strategi Meredam PSM
Pernyataan Robert ini merupakan jawaban dari komentar pelatih Sriwijaya, Subangkit, yang tanpa sungkan mengakui Pluim sebagai pemain incaran skuatnya. “Kami tidak akan membiarkan Pluim bebas berkreasi di lapangan,” kata Subangkit.

Seperti Robert, Subangkit juga yakin skuatnya meraih poin pada pertandingan besok. Apalagi, dia sudah bisa memainkan Alan Henrique, bek yang absen saat Sriwijaya ditahan Persebaya 3-3 pada pekan ke-22 (16/9/2018).

Kehadiran Alan dibutuhkan sebagai komando lini belakang untuk meredam serangan PSM, terutama menghalau serangan Juku Eja yang mengandalkan sisi sayap.

“Saya sudah mempelajari rekaman pertandingan PS Tira vs PSM. Mereka memang tim bagus, tapi saya sudah punya strategi untuk meredam PSM,” kata Subangkit.

Menurut Subangkit, setelah menangani Sriwijaya selama lima partai, ia menilai penampilan Laskar Wong Kito semakin membaik. “Saya percaya dengan kemampuan seluruh pemain tim,” ucap Subangkit.

Prakiraan Susunan Pemain
PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper) Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang) Marc Klok, Rizki Pellu, Wiljan Pluim (tengah), M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (kiper); Marckho Sandy, Achmad Faris, Goran Ganchev, Zalnando; Zulfiandi, Yu Hyun-koo, Nur Iskandar, Manuchekhr Dzhalilov, Esteban Vizcarra; Alberto Goncalves

Pelatih: Subangkit