Prediksi Persib Vs Persija: Lebih dari Sekadar Gengsi

Duel penuh gengsi Persib Bandung versus Persija Jakarta tersaji di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, pada pekan ke-23 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Minggu (23/9/2018).

Laga tersebut menjadi laga yang paling ditunggu-tunggu oleh bobotoh fanatik Maung Bandung. Itulah mengapa, pelatih Persib, Mario Gomez, menekankan kepada pasukannya untuk mencapai target tiga poin alias kemenangan.

“Kami tahu ini pertandingan sangat penting, tapi lebih penting lagi tiga poin. Kami ingin menang untuk bobotoh apalagi ini pertandingan besar. Bukan soal gengsi saja, tapi juga untuk mempertahankan posisi kami di klasemen,” ujar Gomez.

Mengenai Persija, Gomez mengakui tim asuhan Stefano Cugurra Teco tersebut adalah tim yang bagus dan kuat.

“Bisa dilihat dari posisi mereka di klasemen pun tidak jauh dari kami. Tapi, kami akan bermain di kandang sendiri dan itu akan memuluskan target kami,” lanjut pelatih asal Argentina ini.

Terlebih, ungkap Gomez, seluruh pasukannya dalam keadaan siap meski ada beberapa pemain yang rentan mendapat kartu. “Tapi, yang penting menang. Sekali lagi, itu lebih penting,” tegas Gomez.

Gomez tidak menampik pertempuran duel Persib kontra Persija ini kemungkinan akan terjadi di sektor sayap, yang sama-sama memiliki pemain cepat. Namun, hal itu tidak terlalu dipikirkan pelatih berusia 61 tahun ini.

“Mereka bagus, tapi kami ada di posisi pertama. Jadi, bukan kami yang memikirkan mereka, tapi mereka yang harus memikirkan kami,” seloroh Gomez.

Mental Main Tandang
Optimisme Mario Gomez mendapat jawaban dari kubu Persija. Tim Macan Kemayoran menegaskan mereka juga yakin menekuk Persib. Mental bermain di laga tandang menjadi alasannya.

“Kami musim ini hanya dua kali bermain di GBK (Gelora Bung Karno) dan sudah beberapa kali bermain di luar Jakarta, seperti di Bantul atau Stadion PTIK. Tapi, kami bisa dapat hasil bagus dan menang empat kali. Kondisi ini membuat saya optimistis bisa mengalahkan Persib,” kata Stefano Cugurra Teco, pelatih Persija.

Selain itu, hampir seluruh pemain Persija juga pernah merasakan laga penuh gengsi ini sehingga bermain di hadapan pendukung Persib, tidak membuat mental pemain menurun.

“Di negara saya juga ada laga Vasco da Gama dan Fluminense yang sangat ditunggu-tunggu pelatih, pemain, dan suporter. Pemain Persija juga sudah pernah bermain di sini Bandung. Renan da Silva belum pernah menghadapi Persib, tapi sudah merasakan (aga penuh gengsi di klub sebelumnya. Marko Simic juga, termasuk Jaimerson. Ini pertandingan yang ditunggu,” ujarnya.

Tetapi, Teco menyadari perlu perjuangan keras untuk bisa mengalahkan Persib. Terlebih tim Maung Bandung merupakan pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018.

“Kami harus benar-benar kerja keras melawan tim nomor satu. Kami harus kerja keras untuk dapat hasil bagus. Mereka juga hanya satu kali kalah bermain di kandang, saat melawan Bhayangkara FC. Tapi, saya pikir, Persija juga akan bagus di pertandingan nanti,” ucap Teco.

Prakiraan Susunan Pemain
Persib Bandung (4-4-2): M. Natshir (Kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Ghozali Siregar, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (tengah); Jonathan Bauman, Ezechiel N’douassel (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanusa (bek); Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Renan da Silva (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco