Persebaya Menumbangkan Mitra Kukar berkat Kekalahan di Kandang

Persebaya Surabaya kembali ke jalur kemenangan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Mereka menang 4-1 (2-0) atas Mitra Kukar pada pekan ke-23 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu malam (22/9/2018).

Striker asing Persebaya, David da Silva, mencetak hattrick di pertandingan ini, yang merupakan kali kedua dia lakukan di Liga 1 2018. Tiga gol penyerang asal Brasil ini dicetak masing-masing pada menit ke-30, ke-38 (penalti), dan ke-59.

Satu gol Persebaya lainnya disumbangkan Misbakus Solikin setelah menerima umpan dari Rendi Irwan pada menit ke-49. Sementara Mitra Kukar hanya membalas satu gol lewat kreasi Hendra Adi Bayauw (56′).

Kemenangan ini menjadi pembuktian pemain Persebaya, mereka masih bisa menampilkan permainan impresif. Pada laga kandang sebelumnya, tim Bajul Ijo tumbang 0-2 dari PS Tira di Stadion GBT (11/9/2018).

“Saya bersyukur kami bisa menang telak dengan skor 4-1. Saya sangat mengapresiasi seluruh pemain, terutama yang telah berjuang bermain impresif dan mencetak empat gol,” ujar Djadjang Nurdjaman, pelatih Persebaya.

“Kami kemasukan satu gol setelah Fandry Imbiri keluar. Kemenangan ini tentu tidak gampang diraih karena Mitra Kukar menang melawan Persipura pada pekan sebelumnya,” imbuh mantan pelatih Persib Bandung itu.

Di laga ini, Persebaya harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-53. Penyebabnya, Fandry Imbiri mendapat kartu merah setelah terlibat friksi dengan kapten Mitra Kukar, Bayu Pradana.

Menurut Djadjang, pemainnya sudah berkembang pesat setelah dua laga terakhir gagal menang. Kekalahan dari PS Tira menjadi pelajaran penting buat mereka untuk bangkit.

“Kami tidak mengulangi kesalahan seperti saat melawan PS Tira. Saat itu kami tumpul dan tidak mencetak gol. Pemain sudah sadar dengan posisi di klasemen. Kami mempunyai misi untuk menyapu bersih laga kandang, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Kemenangan ini membuat Persebaya naik peringkat ke posisi ke-11 klasemen sementara Liga 1 2018. Rendi Irwan dkk. mengoleksi 29 poin dari 23 pertandingan yang telah dijalani.