Klasemen Liga 1 2018: Persebaya Perbaiki Peringkat, Arema Turun

Sabtu (22/9/2018) menjadi hari sibuk di pekan ke-23 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Pada hari itu ada empat pertandingan yang dimainkan.

Ada laga Persipura Jayapura menjamu Arema di Stadion Mandala, Jayapura, Madura United menghadapi Borneo FC di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, kemudian Bhayangkara FC menjamu Barito Putera serta Persebaya Surabaya bersua Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Hasilnya, Persipura menang 1-0 berkat penalti Hilton Moreira menit ke-67. Laga ini sempat diwarnai kartu merah serta insiden benturan antara Imanuel Wanggai dengan Hendro Siswanto. Beruntung, Hendro saat ini sudah dalam kondisi baik.

Madura United pada pekan ini harus rela melepas status 100 persen menang di kandang sendiri lantaran takluk dari Borneo FC dengan skor 1-2.

Laga ini berakhir dramatis karena gol kemenangan Borneo FC tercipta lewat Sultan Samma menit ke-88. Sebelumnya, pada menit ke-12 Renan Alves mencetak gol buat tim Pesut Etam. Namun, selang dua menit kemudian, ia justru mencetak gol bunuh diri.

Dari Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Bhayangkara FC kembali gagal menang setelah ditahan Barito 2-2. Tim tamu bahkan unggul lebih dulu lewat gol Marcel Sacramento menit ke-10.

Namun, the Guardians membalas gol itu lewat gol Herman Dzumafo (25′) dan Elio Martins (28′). Hanya, Barito mampu bangkit dan memaksakan hasil imbang setelah Marcel kembali mencetak gol, kali ini pada menit ke-72.

Sementara Persebaya mampu mengakhiri dua pertandingan tanpa kemenangan, dengan mengalahkan Mitra Kukar 4-1, dalam laga yang berjalan seru.

Persebaya unggul berkat hattrick David da Silva serta satu gol Misbakus Solikin. Mitra Kukar hanya mampu membalas lewat gol Hendra Bayauw.

Kemenangan yang diraih Persipura, Persebaya, dan Borneo mampu membuat mereka memperbaiki peringkat di klasemen sementara Liga 1 2018. Sementara Bhayangkara FC dan Barito mampu naik satu setrip, meski laga antartim, berakhir imbang.

Di sisi lain, Arema, Madura United, dan Mitra Kukar harus rela turun peringkat, kendati perubahannya tak terlalu signifikan.

Hasil pertandingan Sabtu (22/9/2018)

Persipura Jayapura vs Arema FC 1-0

Madura United vs Borneo FC 1-2

Bhayangkara FC vs Barito Putera 2-2

Persebaya Surabaya vs Mitra Kukar 4-1

Klasemen Liga 1 2018 hingga Minggu pagi (23/9/2018)