Kick-off Football for Peace Festival 2018, Perdamaian Dimulai dari Jakarta

Event sepak bola bertajuk Football for Peace Festival 2018 resmi dibuka di Jakarta pada Sabtu (22/9/2018).

Acara pembukaan berlangsung di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Kuningan.

Kegiatan hasil kerjasama Yayasan Generasi Indonesia Internasional (Idgen) dan Komunitas Uni Papua ini ditandai dengan kick-off yang dilakukan oleh Cecep Herawan, Dirjen Informasi dan Diplomasi Kementerian Luar Negeri.

Sebanyak 10 tim dari sekolah berbasis agama di Jakarta dan beberapa negara sahabat ikut berkompetisi dalam pergelaran yang mempunyai misi mengampanyekan perdamaian ini.

Turut berpartisipasi pula para praktisi sepak bola, guru-guru olahraga, organisasi kepemudaan, dan komunitas ekspatriat.

“Football for Peace Festival merupakan agenda tahunan kami. Tujuannya adalah menyatukan indonesia dan menyemai benih-benih perdamaian dalam diri generasi muda,” kata Fuad Albaar selaku Ketua Pelaksana Football for Peace Festival.

“Seperti diketahui, Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Maka, kami sebagai bangsa merasa turut andil dalam mewujudkan perdamaian dengan cara kreatif dan progresif, salah satunya lewat acara ini,” tutur Fuad menambahkan.

Football for Peace Festival dilaksanakan di empat kota yaitu Jakarta, Banda Aceh, Manokwari, dan Tabanan.

Acara ini melibatkan total 1.000 peserta yang terdiri dari praktisi sepak bola, guru-guru olahraga, organisasi, komunitas perdamaian, komunitas ekspatriat, dan sekolah sepak bola.

Dari rangkaian kegiatan di empat kota, akan dipilih dua anak plus satu pendamping dari masing-masing regional untuk diberangkatkan ke Lombok dalam rangka coaching clinic serta penyembuhan trauma bagi anak-anak korban gempa.

Tak hanya itu, anak-anak yang terpilih juga akan dinobatkan sebagai Duta Sepak Bola untuk Perdamaian.

Tugas mereka adalah mengkampanyekan nilai-nilai perdamaian dan toleransi melalui sepak bola.

Football for Peace kali pertama diadakan pada 2017. Saat itu, kompetisi hanya berlangsung di Jakarta.