The Jakmania Diminta Tidak Nekat ke Bandung

Laga klasik antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta dipastikan berlangsung pada Minggu (23/9/2018). Pertandingan pekan ke-23 Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak itu akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat.

Izin keramaian untuk menggelar pertandingan yang diajukan panitia pelaksana (panpel) Persib telah diterbitkan Polrestabes Bandung. Namun, laga yang semestinya digelar pada malam hari harus dimajukan menjadi pukul 15.30 WIB.

Selain itu, Polrestabes Bandung juga mengimbau agar suporter Persija, The Jakmania tidak datang ke Bandung. Hal itu untuk menjaga kondusivitas ketertiban dan keamanan kota.

Imbauan agar The Jakmania tidak datang ke Bandung bahkan dituangkan dalam surat bernomor B/6365/IX/PAM.3.3/2018. Surat tersebut ditujukan kepada panpel Persib dan ditembuskan ke Persija, termasuk operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Untuk menghindari terjadinya korban dan konflik pada saat pertandingan di Bandung. Dimohon bantuan jenderal untuk meminta kepada Persija dan pengurus The Jakmania untuk tidak menonton langsung pertandingan Persib antara Persija di Stadion GBLA,” begitu bunyi surat tersebut.

Di sisi lain, Direktur Utama Persija, Gede Widiade turut mengimbau agar The Jakmania tidak perlu datang ke Bandung. Fans Persija yang ada di Jawa Barat juga diimbau untuk menahan diri.

“Saya mengimbau supaya The Jakmania mendukung dengan doa dan menonton di televisi saja, jangan nekat,” kata Gede.

Lebih lanjut, Gede mempercayakan sepenuhnya pengamanan kepada panpel Persib dan petugas keamanan. Dalam hal ini kepolisian dengan dibantu unsur TNI.

“Kami percayakan pertandingan kepada panpel Persib, kepolisian, dan masyarakat Bandung. Panpel sudah berpengalaman menggelar pertandingan seperti ini,” imbuh Gede.