PS Tira Kembali Terpuruk, Ini Penjelasan Nil Maizar

Tim Liga 1 PS Tira kembali terperosok ke zona merah degradasi setelah ditekuk PSM Makasar 2-1 di Stadion Sultan Agung Bantul Yogyakarta Rabu petang 19 September 2018.

PS Tira yang sebelumnya mulai bangkit naik ke peringkat 15 setelah menumbangkan Persebaya Surabaya 2-0. Kini mereka dipaksa turun ke peringkat 16 klasemen sementara dari 18 tim di Liga 1.

Pelatih PS Tira, Nil Maizar, mengaku kecewa dengan kekalahan di kandang sendiri itu. Sebab, di babak awal, timnya lebih dulu unggul 1-0 setelah mendapat hadiah tendangan penalti dari wasit yang sukses dieksekusi penyerang Alexandar Rakic pada menit 45+2.

“Babak pertama kami bagus, tapi babak kedua banyak masalah mulai terlihat,” ujar mantan pelatih tim nasional Indonesia ini seusai laga.

Nil melihat di babak kedua para pemainnya mulai kehilangan konsentrasi, turun stamina, salah komunikasi, dan ditambah beberapa persoalan eksternal tak terduga.

“Di babak kedua PSM yang akhirnya terus menekan kami, dan akhirnya mencetak gol yang seharusnya tak perlu terjadi itu,” ujar mantan pelatih Semen Padang itu.

Nil menambahkan dua gol PSM terjadi ketika lini belakang PS Tira mulai gampang dijebol, lawan sehingga sang kiper Agus Saputra kerap berjibaku sendirian menghadapi gempuran Wiljan Pluim dan kawan-kawan.

“Pluim adalah kunci kalau mau mematahkan serangan PSM, tapi kami gagal mengawalnya terutama setelah pergantian kiper,” ujarnya.

Sekitar tujuh menit sebelum Pluim leluasa bergerak dan melesakkan gol perdana untuk PSM yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1, bencana menimpa kiper utana PS Tira Angga Saputra. Angga terkapar cedera setelah bertumbukan dengan sejumlah pemain PSM yang merangsek ke gawang. Posisi Angga lalu digantikan kiper Teguh Amiruddin, yang jarang dimainkan.

“Harus diakui, pasca pergantian kiper, pemain ikut terpengaruh, makin hilang fokus,” ujarnya. Setelah kedudukan menjadi 1-1 PS Tira makin hilang konsentrasi yang terbukti dengan terjadinya gol kedua oleh Ferdinan Sinaga.

Kiper dan lini belakang PS Tira saat itu salah koordinasi dan komunikasi sehingga serangan yang seharusnya dapat diatasi jadi gagal.

Nil sendiri belum bisa memastikan apakah dalam laga selanjutnya melawan Bali United sang kiper Angga Saputra bisa diturunkan.

“Yang jelas kami harus sudah persiapan lagi untuk lawan Bali mulai lusa (21/9), karena Sabtu (22/9) kami langsung ke Bali dan tanding (tanggal 22/9), ” ujarnya.