Liga 2: Kalahkan Persiba Lewat Penalti, PSS Akui Beruntung

PSS Sleman susah payah mengalahkan Persiba Balikpapan dalam lanjutan Grup Timur Liga 2 2018.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (20/9/2018), tim Super Elang Jawa menang tipis 1-0 lewat penalti Ichsan Pratama pada menit ke-60. Penalti diberikan wasit Juhandri Setiana setelah Rangga Muslim Perkasa dijatuhkan pemain Persiba.

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, sudah memprediksi sejak awal jika laga tersebut bakal berjalan sulit. Banyaknya pemain yang absen di laga itu cukup mempengaruhi performa PSS di lapangan.

“Ini pertandingan berta buat kami, aliran bola tidak lancar dan juga kalah di lini tengah. Kami beruntung bisa menang, 1-0 dan ini yang penting. Saya apresiasi pemain, walaupun banyak kesalahan namun tetap ingin berjuang dan berusaha,” ungkap Seto dalam jumpa pers usai pertandingan.

Keberuntungan yang dimaksud Seto bisa jadi memang benar adanya. Setidaknya, ada tiga peluang bersih PSS yang semuanya membentur mistar gawang Persiba yang dijaga Fajar Setya Jaya.

Dua dari tiga peluang itu berasal dari sepakan Cristian Gonzales, serta sepakan melengkung Rangga Muslim di babak pertama. Seto menyadari, dua tendangan Gonzales yang membentur mistar turut berpengaruh pada algojo penalti.

Sejatinya, striker yang akrab disapa El Loco itu memang eksekutor utama sepakan 12-pas. Namun, tugas tersebut diambil alih Ichsan Pratama dan mampu diselesaikan dengan baik oleh gelandang PSS tersebut.

“Dengan materi yang minim juga membuat kami sudah melakukan pergantian. Termasuk Gonzales yang baru ditarik menit-menit akhir pertandingan untuk menyiasati itu,” tegas mantan striker Timnas Indonesia tersebut.