Kemendikbud Gandeng Indra Sjafri Gelar Turnamen Usia Dini

Turnamen di level usia muda disemarakkan dengan kehadiran Gala Siswa Indonesia (GSI). Turnamen yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan PSSI tersebut sudah memasuki tingkat nasional dan ternyata masuk dalam pantauan Indra Sjafri.

Maulani Mega Hapsari, Kasubdit Peserta Didik Kemendikbud, mengatakan para peserta di turnamen GSI ini adalah murid-murid Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kalau mengadakan di tingkat sekolah dasar terlalu kecil. Untuk tahun ini SMP dulu. Mungkin ke depannya akan ada program anak SMA,” kata Mega di kantor Kemendikbud, Jakarta.

Mega menambahkan Gala Siswa Indonesia sebetulnya sudah berlangsung sejak Maret 2018 di level kecamatan. Tim yang lolos dari seleksi kecamatan akan berkompetisi di level kabupaten, kemudian provinsi, sebelum akhirnya bertarung di level nasional.

Saat ini, GSI sudah mencapai tingkat nasional. Tim-tim pun telah dibagi masing-masing ke dalam delapan grup. “Untuk final nasional akan berlangsung dari 8-21 Oktober,” ujar Mega.

Terkait hadiah, Mega mengungkapkan pihak Kemendikbud telah menyediakan hadiah berupa uang bagi juara nasional, peringkat dua, dan tiga. Selain itu, akan ada hadiah uang pembinaan untuk juara provinsi.

“Pemenang pertama tingkat nasional Rp 100 juta, kedua Rp 75 juta, dan ketiga 50 juta. Akan ada uang pembinaan juga untuk juara provinsi yakni Rp 1,5 juta dikali 18 anak. Rp 1,3 juta untuk peringkat kedua, dan Rp 1 juta untuk peringkat ketiga,” kata Mega.

Selain hadiah uang, pihak Kemendikbud juga akan mengirim yim pemenang tingkat nasional untuk berkompetisi di tingkat internasional. Mereka juga akan dikirim ke luar negeri untuk menjalani pemusatan latihan.

“Untuk di mananya, saya belum bisa kasih tau,” kata Mega.

Sementara itu, Mega juga mengatakan pihak Kemendikbud telah mengajak pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri untuk ambil bagian. Nantinya, Indra akan memantau sejumlah pertandingan demi menjaring bakat potensial.

“Kami bekerjasama dengan Indra Sjafri, nanti beliau datang mengunjungi beberapa pertandingan,” kata Mega.