India Ingin Bikin Timnas Indonesia U-16 Berduka di Piala Asia

Timnas India membidik perempat final Piala Asia U-16 2018 di Malaysia yang digelar pada 20 September-7 Oktober sekaligus ingin membuat Timnas Indonesia U-16 berduka.

Perjalanan India di Piala Asia U-16 tahun ini akan dimulai dari penyisihan Grup C bersama Iran, Vietnam, dan Indonesia. Tim berjuluk The Blue Cost ini akan memulai laga pertamanya di grup tersebut dengan menghadapi Vietnam pada 21 September di UM Arena, disusul pertandingan melawan Iran dan Indonesia.

Sejatinya perjuangan India di tahun ini tidak akan mudah. Iran merupakan runner up Piala Asia U-16 2016, sedangkan Indonesia juara Piala AFF U-16 2018 yang memiliki banyak talenta.

Kendati demikian, kemenangan 1-0 atas Irak sebagai juara bertahan Piala Asia U-16 di turnamen Piala WAFF U-16 2018 di turnamen itu membangkitkan optimisme India. Selain mengalahkan Irak, India juga menjadi runner up Piala WAFF U-16 di bawah Jepang dengan mengoleksi sembilan poin dari empat pertandingan.

“Jika Anda melihat undian kami di babak penyisihan grup, kami akan melawan beberapa tim muda terbaik Asia. Iran sangat fenomenal dalam kategori U-16, sementara Vietnam dan Indonesia adalah tim muda yang datang dengan banyak potensi,” kata pelatih India Bibiano Fernandes dikutip dari situs resmi Federasi Sepak Bola India.

“Kami adalah kuda hitam dari turnamen ini dan pada saat yang sama kami memiliki kemampuan untuk mengecewakan beberapa tim muda yang lebih baik, seperti yang kami miliki di masa lalu,” Fernandes menambahkan.

Seperti Indonesia, India yang berasal dari Asia Barat ini tiba di Malaysia dua pekan sebelum turnamen dimulai. Tujuannya tentu saja untuk bisa beradaptasi dengan cuaca dan kondisi di Malaysia.

Timnas India memiliki mimpi besar lolos ke Piala Dunia U-17. Tetapi Bibiano Fernandes mengatakan tujuan pertama timnya adalah lolos ke babak perempat final.

Jika bisa melangkah ke delapan besar, India berpotensi melawan tim-tim besar seperti Korea Selatan, Australia, atau Irak sebagai penentuan untuk meraih tiket ke Piala Dunia U-17.

“Pertama kami harus lolos dari babak grup. Itu adalah tujuan utama kami. Kami akan fokus satu per satu. Terlalu dini untuk berpikir tentang perempat final sekarang. Kami harus lolos [dari grup] untuk itu,” Fernandes menegaskan. (sry/jun)