Tak Pernah Kalah Dalam Uji Coba, Fakhri Husaini Ingatkan Pemain Timnas Indonesia U-16 Untuk Tetap Fokus

Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 meraih hasil imbang 3-3 pada laga uji coba melawan Oman U-16 di Stadion Stadion USIM (University Science Islamic Malaysia) Mini, Negeri Sembilan, Malaysia, Rabu (12/9). Pelatih Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mengakui laga ini tak mudah bagi timnya.

Memang, lawan yang dihadapi kali ini berbeda dengan dua lawan sebelumnya yang merupakan klub junior dari Malaysia. Sebelumnya, David Maulana dan kawan-kawan menang atas Sime Darby U-17 (5-0) dan Felda United U-17 (4-0).

“Ini adalah laga yang ketat. Kami mendapatkan lawan yang tangguh. Babak pertama setelah kami sempat unggul lebih dahulu 1-0, pemain banyak kehilangan bola karena lambat beradaptasi dengan lapangan basah,” ucap Fakhri, seperti dikutip laman resmi PSSI.

“Kami mulai merespons dengan sangat baik permainan Oman di babak kedua. Transisi positif dan transisi negatif dijalankan dengan baik oleh pemain. Di babak ini kami punya beberapa peluang matang yang harusnya jadi gol, yaitu penalti Bagus yang ditepis kiper, dan Hamsa yang tidak akurat passingnya ke gawang lawan yang sudah kosong ditinggalkan penjaga gawang,” tambah mantan kapten timnas Indonesia itu.

Lebih lanjut, Fakhri memuji performa yang ditunjukkan skuat asuhannya di laga ini, termasuk Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri yang mencetak hat-trick. Namun begitu, dia mengingatkan Andre Oktaviansyah dan kawan-kawan untuk tak cepat puas. Apalagi, persiapan untuk Piala Asia U-16 2018 hanya tersisa beberapa hari lagi.

“Tiga gol yang dibuat Bagus itu buah dari keberaniannya melakukan penetrasi dan memanfaatkan moment transisi positif. Saya juga puas dengan penampilan para pemain lain, meski ada beberapa catatan untuk kami evaluasi setelah membahasnya nanti dengan tim pelatih,” tuturnya.

“Ini adalah uji coba terakhir kami. Saya ingin para pemain tetap fokus di sisa latihan kami, guna menghadapi turnamen Piala Asia U-16 yang sudah tidak lama lagi ini akan berlangsung,” pungkasnya.

Di Piala Asia U-16 2018, Indonesia tergabung di grup C. Di grup tersebut mereka bakal berhadapan dengan Iran (21/9), Vietnam (24/9), dan India (27/9).