PSSI Jelaskan Filosofi Jersey Baru Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akhirnya secara resmi memakai jersey baru pada uji coba melawan Mauritius, Selasa (11/09/18) di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Menariknya, jersey keluaran Nike itu tak hanya sukses menyihir penggemar tapi juga seolah menjadi keberuntungan, sebab skuat Garuda menang 1-0.

Didominasi warna merah, jersey baru ini terlihat cukup simpel tanpa banyaknya desain di bagian depan maupun belakang dan menggunakan warna emas pada nomor dan tulisan nama pemain. Ini menjadi jersey pertama sejak terakhir kali Indonesia memakai desain baru pada 2014 lalu.

Terkait hal itu, Sekjen PSSI, Ratu Tisha, pun angkat bicara menjelaskan mengenai filosofi dari jersey baru tersebut. Ia mengatakan jersey baru tersebut merupakan perpaduan dari filosofi Indonesia (lewat lambang garuda) dan PSSI yang terdapat pada jersey away (warna putih-belum dipakai).

“Memang warnanya emas untuk jersey merah dan untuk jersey away warna putih ada warna hijau. Tanda hijau di belakang lurus ada sebelah sisi kanan kiri,” tuturnya.

“Hijau itu warna PSSI sebab di statuta PSSI benderanya berbahan dasar hijau dan untuk negara filosofinya garuda,” imbuh Tisha.

Tema Jersey Timnas Indonesia
Sementara itu, Nike selaku pembuat jersey mengatakan bahwa mereka membawa tema negara kepulauan pada jersey baru ini, di mana para pemain yang berasal dari Sabang sampai Merauke disatukan dengan jersey berlogo Garuda.

“Indonesia adalah negara keempat terpadat di dunia, membentang lebih dari 3.100 mil dari timur ke barat, memanggil kekuatan lebih dari 17.500 pulau yang ada di negara kepulauan itu. Terlepas dari sifatnya yang tersebar, Indonesia memamerkan kekuatan bersatu dalam jersey 2018 di negara itu,” ungkap Nike dalam rilisnya.

Di sisi lain, Tisha juga mengatakan pertandingan uji coba melawan Mauritius merupakan salah satu persiapan tim menuju beberapa event dalam waktu dekat. Oleh sebab itu, ada banyak pemain yang diberikan kesempatan bermain agar bisa dipantau secara langsung.

Baca Juga Jadwal Lengkap Wakil Indonesia di Babak Kedua Japan Open 2018 Hari Ini
“Pertandingan ini untuk show pemain-pemain kita. Lihat saja pergantian pemain begitu banyak, karena kita mau lihat permainan mereka seperti apa,” tutupnya.