Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto Anggap Pemain Seperti Teman

Kurniawan Dwi Yulianto terlihat sibuk pada laga antara timnas Indonesia dan Mauritius, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (11/9) kemarin. Sosok berusia 42 tahun itu begitu aktif di sisi lapangan, mengamati permainan Indonesia.

Kurus, sapaan akrab Kurniawan, memang menjadi asisten dari Bima Sakti — yang saat ini dipercaya sebagai pelatih interim timnas Indonesia. Kurus terlihat dominan saat lawan Mauritius, karena memang Bima disanksi untuk mendampingi.

Mantan striker timnas Indonesia itu menjelaskan bagaimana ia menjalani tantangan sebagai asisten pelatih Merah-Putih. Terlebih sosoknya masih hijau untuk selevel tim nasional, namun berhasil membantu Indonesia menang atas Mauritius, 1-0.

“Kalau penekanan ke pemain, saya juga mantan pemain yang pernah bermain bersama dengan beberapa pemain yang ada di tim ini. Jadi saya coba untuk berkomunikasi as a friend, sebagai teman jadi tidak canggung tapi tetap berada di porsinya,” kata Kurus.

Walau saat ini sebatas membantu pelatih interim, bersama Kurnia Sandy yang menjabat pelatih kiper, Kurniawan tetap bangga.” Tentu ini suatu penghargaan yang luar biasa dan enggak terkira bahagianya kaya apa, karena tim nasional adalah segala-galanya.

“Disuruh membantu sebagai asisten pelatih timnas itu bangganya luar biasa, ditambah kemenangan tentu ini gak bisa terbilang dengan kata-kata. Sama dengan zaman main bola profesional untuk pertama kali terus ngejebolin,” tukas eks Primavera Indonesia itu.