Kurniawan Dwi Yulianto Siap Gantikan Luis Milla Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Legenda timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, mengaku siap menggantikan Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia. Kurniawan menganggap bakal menjadi kebanggaan jika dapat menangani Skuat Garuda.

Masa depan Milla sebagai pelatih Indonesia belum jelas. PSSI tak kunjung memutuskan status mantan pemain Barcelona dan Real Madrid tersebut.

Isu hengkangnya Milla semakin santer terdengar sebelum Indonesia bersua Mauritius dalam laga uji coba, di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (11/9/2018).

Dalam pertandingan itu, Indonesia tidak dipimpin Milla, melainkan ditangani pelatih interim Danurwindo dan Bima Sakti. Namun, mereka juga mendapat bantuan dari Kurniawan.

Debut Kurniawan dari area teknikal berbuah manis karena Indonesia menang 1-0 atas Mauritius. Ketika ditanya mengenai peluangnya menggantikan Milla, sosok 42 tahun itu enggan berspekulasi.

“Saya tidak berpikir untuk menjadi pelatih di Piala AFF. Namun, kalau ada panggilan apapun itu untuk Indonesia, saya selalu siap,” kata Kurniawan setelah pertandingan.

“Saya sebagai pemain pernah merasakan Piala AFF, tetapi gagal mempersembahkan gelar. Kini bila menjadi pelatih, itu tantangan saya sebagai pelatih untuk memberikan gelar bagi Indonesia,” ujar Kurniawan.

Timnas Indonesia belum pernah menjuarai Piala AFF. Torehan terbaik skuat Garuda adalah menempati posisi kedua sebanyak sebanyak lima kali sepanjang sejarah.