Timnas Putri Indonesia U-16 Bungkam Palestina di Kualifikasi Piala AFC 2019

Timnas putri Indonesia U-16 berhasil melewati adangan pertama di putaran pertama Kualifikasi Piala AFC Wanita U-16 2019. Bermain di Kdi Stadion Dolon Omurzakov, Bishkek, Kirgizstan, Sabtu sore (15/9/2018), Tim Garuda Pertiwi Muda mengalahkan Palestina dengan skor 3-2.

Itu adalah laga perdana Timnas putri Indonesia U-16 di penyisihan Grup D.

Tiga gol Indonesia dicetak Annisa Febiana pada menit ketujuh, Sheva Imut menit ke-10, dan Firanda menit ke-58. Sedangkan Palestina menipiskan skor lewat gol Hala B. F. Sarawi dan Dana B.A. Bawatneh.

Kemenangan ini pantas disyukuri karena diharapkan menjadi awal apik bagi tim asuhan pelatih Rully Nere ini. Sebelum pertandingan, Helsya Maeisyaroh dkk. sempat dihadapkan pada kendala cuaca yang terbilang dingin, berkisar 20 derajat celcius sehingga dikhawatirkan memengaruhi permainan di lapangan.

Selain itu, bola-bola atas lantaran postur tubuh lawan yang lebih tinggi juga menjadi sorotan Tim Garuda Pertiwi Muda. Namun, mereka akhirnya mampu mengatasi tantangan itu.

Untuk Kualifikasi Piala AFC Wanita U-16 2019 ini, Timnas putri Indonesia U-16 secara khusus bersiap sejak enam pekan terakhir. Tim juga sudah berada di Kirgizstan sejak Rabu (13/9/2018) untuk adaptasi lingkungan termasuk aklamatisasi.

Pada laga kedua di penyisihan Grup D, Timnas putri Indonesia U-16 bersua tim tuan rumah, Kirgizstan, pada Selasa (17/9/2018). Selain Palestina dan tuan rumah, Grup D juga dihuni Australia dan Chinese Taipei.

Di sisi lain, perjuangan panjang harus dijalani Timnas putri Indonesia U-16 sebelum bisa berlaga di putaran final Piala AFC Wanita U-16 2019. Mereka harus menduduki posisi juara atau runner-up grup untuk bisa lolos ke putaran kedua kualifikasi.