Alasan Simon McMenemy Cocok Tangani Timnas Indonesia

Pelatih asal Skotlandia Simon McMenemy menjadi salah satu nama yang digadang-gadang akan mengisi posisi kursi pelatih timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Sebelumnya dikabarkan negosiasi kontrak baru PSSI dengan Luis Milla nampak mandek. Pihak federasi pun diburu waktu untuk mencari sosok yang akan membawa timnas tampil di Piala AFF 2018 yang dimulai pada bulan November mendatang.

Dikaitkan dengan kursi kepelatihan timnas, Simon pun mengingat kenangan indah bersama timnas Filipina pada ajang Piala AFF 2010.

Saat itu dirinya sukses membawa The Azkals melaju ke semifinal turnamen antar negara Asean untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Dalam dua leg yang dimainkan di Stadion GBK, Filipina harus menyerah dengan agregat 0-1 oleh gol dari Christian Gonzales.

“Saya cukup beruntung pernah merasakan Piala AFF melawan Indonesia. Saya bisa katakan bahwa atmosfernya luar biasa. Ketika itu, saya melatih Filipina dan atmosfer Bung Karno begitu menakutkan,” kata Simon.

“Itu hal gila. Yang mau saya tegaskan adalah tahun ini Indonesia bisa berbuat banyak dan sukses di Piala AFF. Skuad benar-benar dihuni pemain yang bagus dan luar biasa, juga masih banyak pemain bagus lainnya yang masih bisa dipilih,” ujarnya.

Ya, timnas timnas Filipina menjadi batu loncatan Simon untuk menjadi pelatih hebat di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2010 lalu.

Sejak saat itu dirinya menapaki karir di beberapa klub seperti Dong Tam Long An (Vietnam), lalu Mitra Kukar, Pelita Bandung Raya, New Radiant (Maladewa), Loyola Meralco Sparks (Filipina) hingga saat ini di Bhayangkara FC.

Kultur sepakbola Indonesia sudah dikenal oleh Simon bisa membuatnya dengan mudah meramu susunan pemain timnas saat ini.

Dirinya juga tak segan memainkan pemain muda yang membawanya ke tangga juara Liga 1 pada musim lalu bersama Bhayangkara FC.

Pemain seperti Teuku Ichsan, Wahyu Suboseto, Alsan Sanda, Nurhidayat hingga Jajang Mulyana mampu menampilkan permainan terbaiknya dibawah arahan Simon.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*