2 Kiper Persipura Junior Digembleng Bersama Tim Senior

Pelatih kiper Persipura, Alan Haviludin kini tak hanya fokus untuk melatih penjaga gawang tim senior Persipura, namun dirinya kini juga menggembleng bibit-bibit junior di posisi tersebut untuk meningkatkan kualitas mereka.

Hal tersebut merupakan cara yang pernah dilakukannya ketika masih melatih di klub Madura United dan juga Arema Malang.

Menurut Alan, itu dilakukan sebagai pembinaan berjenjang, agar para penjaga gawang junior tersebut siap jika suatu saat di promosikan.

“Saya selalu mengambil pemain muda sewaktu di Madura dan Arema dari kelompok U-16, buat pembinaan berjenjang dan buat kedepannya supaya mereka siap jika promosi ke kelompok berikutnya,” ujar Alan kepada sejumlah wartawan seusai timnya menggelar latihan, Jumat (07/09/18).

Dirinya mengungkapkan, nantinya tidak hanya dua penjaga gawang milik Persipura U-16 saja yang akan digemblengnya. Tapi penjaga gawang yang bermain di Persipura U-19 juga akan dilatihnya untuk memperbaiki basic.

loading...

“Kalau ada penjaga gawang Persipura U-19 yang nanti sudah terbentuk, saya akan ambil juga buat memperbaiki basicnya. Sekarang di Arema, tiga kiper dari akademi sudah naik ke tim senior.”

“Dan itu yang akan saya lakukan disini. Begitu Persipura U-16 sudah terbentuk saya lakukan itu. Saya akan sempatkan waktu untuk melatih mereka,” ungkapnya.

Alan menuturkan, program pelatihan bagi penjaga gawang junior Persipura itu adalah inisiatifnya, agar Persipura bisa melahirkan bibit-bibit terbaik di posisi penjaga gawang.

Meskipun ia memiliki tugas utama untuk melatih kiper senior, namun dirinya juga mengaku akan tetap memfokuskan perhatian di pembinaan penjaga gawang junior.

“Meskipun saya sudah fokus ke tim senior, tapi saya akan sempatkan melatih mereka yang junior. Mereka sama sekali tidak punya basic yang betul dalam segala hal untuk menjadi penjaga gawang.”

“Makanya saya panggil untuk ikut berlatih. Saya sendiri yang berinisiatif untuk memanggil mereka,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, dua penjaga gawang Persipura U-16 itu akan digembleng hingga betul-betul punya kualitas sebagai seorang penjaga gawang.

“Terserah nanti menurut pelatih mereka yang mana yang mau di jadikan kiper pertama. Walaupun di bilang bagus oleh pelatihnya, tetapi saya akan lihat dulu kemampuannya,” tandasnya.