PSM Makassar Maksimalkan Pemain Junior di Piala Indonesia

Drawing babak 64 besar Piala Indonesia digelar, Sabtu, 15 September mendatang. Masing-masing kontestan akan menghadapi tim yang berada di zona masing-masing.

PSM sendiri berada di zona 15 bersama Persbul Buol, Persidago Gorontalo, dan Persiter Ternate. Satu dari tiga tim ini akan menjadi lawan Pasukan Ramang.

Di babak 64 besar ini, setidaknya seluruh atau18 klub yang bermain di Liga 1 belum terbendung. Sisanya berasal dari Liga 2 yang diwakili 16 tim, dan 30 tim berasal dari Liga 3.

“Drawingnya 15 September. Itu rencananya. Jadi pertandingannya pekan keempat akhir September,” kata Manajer Kompetisi Piala Indonesia, Desi Arfianto.

Sesuai rencana, diakuinya, sistem pertandingan masih memainkan single match. Di mana klub yang berada di level atas akan bertindak sebagai tim tamu.

Tetapi, jika klub yang berlaga berada di level yang sama maka status tuan rumah dilihat berdasarkan peringkat. Sistem kandang dan tandang belum diterapkan di babak ini.

Menurutnya, sistem kandang dan tandang baru diterapkan di babak 16 besar. Mengapa? Sebab, di babak 16 besar klub yang berasal dari level yang sama atau Liga 1 sangat memungkinkan untuk saling bertemu.

Juga, meski laga digelar dua kali di babak 16 besar, pihaknya menjamin laga final Piala Indonesia tetap sesuai jadwal. Yaitu, akhir Desember.

Seluruh agenda Piala Indonesia, juga tidak akan mengganggu padatnya jadwal Liga 1 yang masih menyisakan 14 laga. “Babak 16 besar pasti akan semakin ketat. Semua agenda kami yakin tetap sesuai jadwal,” paparnya.

Pelatih PSM, Robert Rene Alberts sebelumnya mengaku menerima bocoran bahwa lawan yang akan dihadapinya adalah Persiter. Bocoran itu didapatnya dari manajemen Persiter.

Yang pasti, sejauh ini, dia terus mematangkan naluri bermain pemain muda timnya. Kualitas pemain muda yang terus meningkat akan membuat pelatih berpaspor Belanda ini mudah melakukan rotasi agar laga Liga 1 tidak terganggu.

“Sebenarnya itu bukan informasi resmi. Hanya kabar saja. Intinya kami tetap bersiap. Kami tahu jadwal bisa keluar kapan saja,” katanya. (tam/abg)