Cerita Pemain Cilik Dapat Ilmu dari Steve McManaman

Salah satu legenda sepak bola Inggris, Steve McManaman, hadir di Jakarta beberapa hari lalu. Ia mengikuti serangkaian kegiatan dalam kampanye La Liga Spanyol 2018/2019.

Steve McManaman memang pernah menjadi bagian dari keluarga besar kompetisi La Liga Spanyol. Itu karena mantan pemain Liverpool FC ini sempat membela Real Madrid.

Dalam rangkaian kegiatannya di Jakarta, Steve McManaman memberikan coaching clinic buat 20 pemain cilik terpilih dari Estrellas de Futbol (EDF) Indonesia. McManaman membagikan teknik dasar dan taktik bermain di Lapangan F7 Mini Soccer, Jakarta.

Salah satu dari 20 pemain cilik itu adalah Xavier Faisal. Pemain cilik berucia 8 tahun itu mengaku senang bisa mendapatkan ilmu dari Steve McManaman, 46 tahun.

“Senang bisa bertemu dengan pemain besar di eranya (1990-an). Macca adalah legenda Liverpool, Real Madrid, dan Timnas Inggris. Saya merasa beruntung bisa bertemu Macca dan dapat ilmu dari dia,” kata Xavier Faisal.

Mehdi, orangtua dari Xaiver Faisal, mengatakan kehadiran legenda Inggris itu mampu memberi motivasi buat para pemain cilik. Pasalnya pemain di usia dini butuh anutan untuk mengejar cita-cita sebagai pesepakbola dunia.

“Semoga ini menambah motivasi para pemain cilik. Terpenting juga adalah pengalaman Macca bisa ditularkan kepada pemain,” ujar Mehdi.

Sementara Steve McManaman berharap para pemain cilik ini bisa berlatih keras. Punya kemauan tinggi untuk mengejar cita-cita, tidak saja di sepak bola tetapi juga bidang lain.

“Tetaplah berlatih keras, terus mengasah talenta, dan mempraktikkannya. Paling utama juga memumpuk rasa kepercayaan diri,” tutur Steve McManaman.*Ari DP

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*