Uji Coba, Madura United Gebuk Barito Putra 4-1

Madura United FC berhasil mengalahkan Barito Putera dengan skor tipis 4-1 pada laga ujicoba yang digelar di Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP) Pamekasan, Minggu (2/9/2018) malam.

Pada laga tersebut, tim berjuluk Laskar Sape Kerrab bermain dengan menerapkan formasi ideal 4-3-3 seperti yang biasa diterapkan dalam beberapa pertandingan resmi. Kali ini mereka menempatkan trio BEG (Bayu, Engelberd dan Greg) sebagai juru gedor.

Kolaborasi trio BEG terlihat sangat padu merusak barisan pertahanan Laskar Antasari yang mencoba bermain dengan menerapkan pertahanan berlapis, kerjasama mereka dengan trio: Asep, Slamet dan Zah Rahan mampu menguasai jalannya pertandingan sejak wasit meniup peluit tanda kick off.

Bahkan memasuki menit 10′, Greg Nwokolo berhasil mencetak gol ke gawang Barito yang dikawal Aditya Harlan. Dua menit berselang, tepatnya menit 12′, giliran Bayu Gatra yang berhasil melepaskan diri dari pengawalan pemain belakang lawan dan berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 untuk Madura United.

Tertinggal dua gol membuat tim binaan Jackson Thiago mencoba keluar dari tekanan. Mereka mulai menerapkan permainan pressing kepada para pemain tuan rumah. Upaya tersebut cenderung berhasil, sebab Rizky Pora dan kawan-kawan mampu mengimbangi permainan sektor tengah yang sebelumnya didominasi pemain Madura.

Kondisi tersebut membuat pertandingan mulai memanas. Jual beli serangan diperagakan kedua tim untuk sama-sama mencetak gol. Madura berupaya menambah gol, sementara Barito juga berupaya mengejar ketertinggalan.

Namun asyik menyerang yang diperagakan Barito justru memberikan celah dan ruang bagi Madura. Mereka pun memanfaatkan kelengahan pemain Barito yang terobsesi mengejar ketertinggalan. Kali ini giliran Zah Rahan yang berhasil menambah gol berkat gol yang dicetaknya pada menit 25′.

Gol pemain berkebangsaan Liberia sontak membuat tim tamu mulai kehilangan arah, mereka selalu kehilangan bola saat mendapatkan peluang dan kesempatan menguasai bola. Sementara Madura terus mencoba menyerang sekalipun memimpin skor, hingga akhirnya skor 3-1 menjadi hasil akhir 45′ menit interval pertama.

Memasuki babak kedua, Jackson Thiago mencoba memasukkan pemain baru guna membuka celah membongkar kokohnya barisan pertahanan Madura United. Upaya tersebut terbilang berhasil, sebab para pemain bertahan Madura harus bekerja keras sejak wasit meniup peluit kick off babak kedua.

Benar saja, Barito Putera berhasil memperkecil ketertinggalan pasca Gavin Kwan sukses menggetarkan jala gawang Madura United yang dikawal Satria Tama Hardianto saat laga memasuki menit 52′. Skor pun berubah 3-1 untuk keunggulan Madura United.

Mampu mencetak gol dan memperkecil ketertinggalan membuat Barito makin percaya diri, mereka mencoba memberi tekanan ke area pertahanan Madura. Hanya saja hal itu dimanfaatkan Madura untuk kembali mencetak gol. Satu gol cantik Milad Zeneyedpour melalui eksekusi bola mati pada menit 62′.

Gol pemain asal Iran sekaligus merubah skor 4-1 untuk keunggulan Madura United atas Barito Putera di hadapan sebanyak 978 suporter di tribun stadion yang terletak di Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan. Sekaligus menjadi hasil akhir pertandingan ujicoba di tengah jeda kompetisi Liga 1 2018. [pin/air]