Saingi Arema dan ASIFA, UMM Bikin Akademi Sepak Bola

Geliat sepak bola di Malang bakal semakin terasa dalam beberapa tahun mendatang. Pasalnya, ada rencana yang cukup serius dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk mendirikan Akademi Sepak Bola.

UMM dalam beberapa tahun terakhir memang cukup serius menggeluti bidang sepak bola.

Di level mahasiswa, mereka meraih gelar juara turnamen Torabika Campus tahun 2017.

Sementara, tim UMM U-12 menjadi wakil Jawa Timur di Piala Menpora.

Melihat potensi besar yang dimiliki oleh UMM, Haris Toefly, sebagai pembina SSB UMM, berniat untuk lebih serius lagi.

Dalam waktu dekat, pendirian Akademi UMM akan dilakukan dan sudah mendapat dukungan pihak kampus.

“Pendirian Akademi UMM ini juga akan menjadi bagian dari bakti kampus di luar bidang akademik. Jadi, kami menjalankan tridharma universitas juga. UMM dalam hal ini bukan sekedar wadah akademis saja,” jelas Haris.

Dengan mendirikan Akademi UMM, Haris sadar bahwa tugas berat sudah menanti.

Sebab, di Malang sudah bercokol dua akademi sepak bola lain yang punya nama besar dan matang yakni Akademi Arema dan ASIFA (Aji Santoso Internasional Football Academy).

“Kami rasa ranahnya pasti berbeda. Kalau akademi Arema untuk support klub profesional dan untuk ASIFA mereka lebih mengejar profitnya. Kalau kami lebih pada pengabdian pada masyarakat, seperti yang sudah dijelaskan tadi,” ucap Haris.

“Tapi, kami bisa pastikan untuk kualitas dan fasilitas juga siap beramin. Kami punya lapangan sendiri dan ada mess untuk pemain. Soal pendanaan, tentu saja kami akan berikan banyak kemudahan karena tidak mencari untung,” katanya lagi.